cara membuat marketplace di facebook

Facebook Marketplace? Langkah Pembuatan, Peningkatan Penjualan, disertai dengan Kelebihan dan Kekurangan

Media sosial merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pengguna untuk saling menjaga komunikasi, dengan memanfaatkan koneksi perangkat internet. Salah satu media sosial tersebut adalah Facebook, dalam Facebook tersedia beberapa fitur marketplace. Berikut adalah Cara membuat marketplace di facebook.

Facebook marketplace

Facebook marketplace merupakan salah satu fitur dari facebook yang dimanfaatkan untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam facebook marketplace, kalian bisa memanfaatkan pertemanan di facebook untuk mengenalkan barang yang akan dijual.

Berikut ini adalah cara membuat marketplace di facebook :

  1. Login akun menggunakan aplikasi atau website
  2. Di halaman beranda, klik ikon marketplace
  3. Klik menu (jual barang)
  4. Pilih menu jenis tawaran yang akan dijual
  5. Selanjutnya klik tambahkan foto untuk mengunggah barang yang akan anda jual
  6. Jangan lupa ketika mengunggah foto terkait produk, untuk selalu diberikan deskripsi yang jelas, sehingga para pengguna facebook mengetahui tentang barang kalian dengan jelas.
  7. Jangan lupa untuk mencantumkan harga yang jelas
  8. Pengguna Facebook marketplace juga bisa menyembunyikan marketplace dari teman facebook kalian. Dengan cara pengguna memastikan opsi sembunyikan dari teman aktif.
  9. Setelah itu klik menu selanjutnya
  10. Terakhir yaitu menekan menu ”terbitkan” untuk mengunggah barang yang ingin kalian jual pada Facebook Marketplace.

Cara Meningkatkan Penjualan Dalam Facebook Marketplace

Sesudah kalian membuat marketplace di facebook maka  tahap selanjutnya adalah bagaimana cara untuk mengenalkan barang yang anda jual di kalangan luas, agar bisa memancing pengunjung agar membeli produk kalian.

  1. Membagikan barang yang anda jual, dengan mengaktifkan layanan iklan pada facebook.
  2. Buatlah halaman mengenai produk atau barang kalian di facebook.
  3. Selalu membuat cerita di menu story, untuk memberikan update harian mengenai produk anda.
  4. Bagikan produk anda ke dalam akun media sosial yang lain, sehingga teman-teman kalian, mengetahui kalau kalian mempunyai akun marketplace di facebook.
  5. Selalu aktif dalam aplikasi facebook, dan selalu update mengenai produk dengan mengunggah foto dan gambar produk anda. Namun sebelum mengunggah produk anda, sebelumnya anda harus membuat produk anda yang menarik, dan jangan lupa untuk di berikan deskripsi mengenai produk, agar teman anda mengetahui lebih jelas tentang produk anda.
BACA JUGA  4 Social Media untuk Bisnis Makin Laris

Kelebihan Facebook Marketplace

  1. Penjualan dalam facebook marketplace lebih mudah.
  2. Kalian tidak perlu membuat akun marketplace, namun kalian hanya memanfaatkan akun kalian, terus menekan menu marketplace, setelah itu kalian sudah bisa mengaktifkan akun facebook marketplace kalian.
  3. Dalam facebook marketplace kalian bisa memberikan filter pada harga jual.
  4. Setelah ada pelanggan yang ingin membeli barang kalian, para pelanggan bisa disambungkan ke fitur komunikasi pesan.
  5. Kalian dapat memberikan kategori dalam barang dagangan kalian. Misalkan barang yang kalian jual berupa elektronik, maka kalian bisa menggabungkan barang kalian dalam kategori elektronik. Manfaat dari kategori tersebut adalah untuk memudahkan pelanggan agar dapat menemukan barang yang ingin dicari-nya.

Kekurangan Facebook Marketplace

  1. Orang yang mengetahui mengenai unggahan terbaru mengenai produk kalian yang orang yang sudah berteman dengan kalian di facebook.
  2. Ketika menggunakan facebook terutama memanfaatkan menu page maka yang dapat mengetahui hanya orang yang sudah berteman dengan kalian. Namun jika kalian mengiklankan produk kalian di facebook maka orang yang belum berteman dengan kalian sudah pasti akan mengetahui mengenai produk atau barang yang kalian jual.

Itu adalah beberapa cara membuat marketplace di facebook dan juga cara meningkatkan penjualan di facebook, serta terdapat kelebihan dan kekurangan yang bisa kalian ketahui.