aplikasi game belajar bahasa inggris

Ingin Belajar Bahasa Inggris dengan Cara yang Berbeda? Coba Gunakan Game

Bermain game, memang sering kali dianggap membuang waktu. Tidak jarang orang yang gemar bermain game akan dicap pemalas, tetapi sebenarnya ada juga aplikasi game yang bisa Kalian gunakan untuk belajar, terutama belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris.

Aplikasi Game Belajar Bahasa Inggris

Kami akan berikan beberapa rekomendasi aplikasi game belajar bahasa Inggris yang bisa Kalian coba gunakan.

Hangman

hang man

Belajar bahasa asing apapun termasuk bahasa Inggris tidak akan jauh dari yang namanya menghapal kosakata. Kalian bisa lebih cepat melakukannya jika dibuat dalam sebuah permainan tebak kata seperti yang ditawarkan game bernama Hangman.

Disini, Kalian bisa bermain tebak kata dengan berbagai kategori seperti hewan, warna, buah dan berbagai kategori lainnya.

Cara bermain:

– Pilih tema dan kategori.
– Kata kunci acak dari kategori akan disembunyikan, hanya menampilkan spasi karakter.
– Pilih huruf dari keyboard untuk ditebak, seperti Wheel of Fortune.
– Cobalah untuk menyelesaikan seluruh kata atau frasa sebelum menyelesaikan algojo (atau kehilangan teman di tema lain).
– Jika Anda menyelesaikan teka-teki, Anda menang!

 

Scrabble

Scrabble

Beberapa orang akan mengenal Scrabble sebagai nama salah satu permainan papan yang menantang pemainnya untuk bisa membuat kosakata.

Sekarang, permainan tersebut memiliki versi digital atau game yang bisa membantu Kalian untuk belajar bahasa Inggris. Cara bermainnya cukup sederhana yaitu Kalian akan diminta untuk membuat kosa kata yang terdiri dari 4 sampai 12 huruf.

Menariknya, Kalian tidak hanya bisa memainkannya dalam bahasa Inggris saja tetapi juga beberapa bahasa lainnya.

Fitur Permainan Scrabble

  • Scrabble Leagues – Bermain melawan teman Scrabble lainnya untuk mencapai peringkat liga teratas untuk mendapatkan lebih banyak XP dan peti serta Bingkai Liga eksklusif untuk memamerkan kemajuan Anda.
  • Mode Latihan – Mainkan Scrabble 1 lawan 1 melawan komputer. Dirancang agar sesuai dengan tingkat keahlian Anda, ini adalah cara yang bagus untuk menguji strategi dan taktik baru.
  • Boosts – Peningkatan permainan kata yang kuat seperti Petunjuk, Peningkatan, Mata-Mata Kata, dan Vortex membantu meningkatkan permainan Anda ke tingkat berikutnya.
  • Lacak Statistik – Lihat rata-rata penilaian Anda, kata-kata terpanjang, permainan terbaik, dan banyak lagi! Lihat bagaimana kemajuan keterampilan Scrabble teka-teki kata Anda dengan halaman profil mendalam kami atau kunjungi profil pemain lain.
  • Naik level & Buka lebih banyak – Buka kunci ubin Scrabble baru yang dapat dikoleksi dan fitur lainnya dengan mencetak poin di game Scrabble dan Duel, atau dengan peringkat tinggi di papan peringkat Arena!
BACA JUGA  Ingin Ubah Foto Jadi Efek Foto Anime? Picsart Adalah Jawabannya!

Guess the Word

guess the world

Sesuai namanya, game ini akan  mengajak Kalian sebagai pemainnya untuk menemukan dan menebak kosakata sebanyak-banyaknya.

Kalian bisa tahu jawaban kalian benar atau salah dari kode yang diberikan. Misalnya, orange ketika salah, merah jika kata yang Kalian tebak bukanlah bahasa Inggris dan hijau jika jawaban Kalian benar.

Petunjuk

“Expose A Letter” – Petunjuk ini mengungkapkan huruf yang benar di dalam teka-teki!

“Remove Letters” – Petunjuk ini akan menghapus beberapa huruf yang TIDAK digunakan dalam solusi teka-teki kata.

“Solve the Question” – Jika keadaan menjadi sangat sulit, Anda selalu dapat menggunakan teka-teki untuk menyelesaikan pertanyaan sepenuhnya dan melanjutkan ke yang berikutnya!

“Ask a Friend” – Gunakan Facebook untuk mengirim pertanyaan langsung ke teman Anda. Teman Anda dapat menyelesaikan pertanyaan untuk Anda dan mengirimkan jawabannya langsung kepada Anda!

Duolinggo

duolingo

Aplikasi selanjutnya yang akan Kita bahas merupakan salah satu aplikasi game belajar bahasa Inggris yang sudah banyak dikenal masyarakat.

Kelebihan dari game ini adalah bisa dimainkan bersama dengan teman atau keluarga. Kemudian Kalian nantinya bisa membentuk tim maupun berkompetisi bersama.

Selain bahasa Inggris, kalian juga bisa mempelajari 20 bahasa lainnya.  Selain membantu untuk belajar menghapal kosakata sehari-hari, Duolinggo bisa membantu Kalian untuk mengasah kemampuan mendengarkan, menulis dan bicara bahasa asing.

Kelebihan Duolingo

Duolingo menyenangkan dan efektif. Pelajaran seperti permainan dan karakter menyenangkan membantu Anda membangun keterampilan berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis yang solid.

Duolingo berfungsi. Dirancang oleh para ahli bahasa, Duolingo memiliki metodologi pengajaran berbasis sains yang terbukti mendorong retensi bahasa jangka panjang.

Lacak kemajuan Anda. Berusahalah mencapai tujuan pembelajaran bahasa Anda dengan imbalan dan pencapaian yang menyenangkan saat Anda menjadikan latihan sebagai kebiasaan sehari-hari!

Bergabunglah dengan komunitas. Dengan 300+ juta pelajar di seluruh dunia, Anda adalah bagian dari komunitas bahasa di Duolingo.

Setiap kursus bahasa gratis. Belajar bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Rusia, Portugis, Turki, Belanda, Irlandia, Denmark, Swedia, Ukraina, Esperanto, Polandia, Yunani, Hongaria, Norwegia, Ibrani, Welsh, Arab, Latin, Hawaii, Gaelik Skotlandia, Vietnam, Korea, Jepang, Inggris, dan bahkan High Valyrian!

BACA JUGA  Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Gratis untuk Android

Memrise

memrise

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama Memrise. Aplikasi yang hadir sejak tahun 2013 tersebut dapat Kalian download baik dari Google Play Store maupun App Store.

Aplikasi Memrise akan membantu Kalian untuk belajar menghapal kosakata lewat permainan dengan metode yang diulang berkali-kali sehingga Kalian tidak akan mudah lupa dengan kosakata yang sudah dipelajari.

Selain bahasa Inggris, beberapa bahasa yang bisa Kalian pelajari adalah bahasa Jepang, Korea, Mandarin, Arab dan berbagai macam bahasa lainnya.

Fitur Memrise

  • Pelajari semua bahasa penting. Kosakata dan frasa yang berguna untuk situasi kehidupan nyata: mulai dari memesan kopi hingga mengobrol ringan dengan teman di tempat baru.
  • Biasakan bahasa yang digunakan penduduk setempat. Dengan lebih dari 50.000 klip audio dan video, Anda akan memahami berbagai suara, nada, ritme, bahasa tubuh, gerakan, dan banyak lagi.
  • Kemudahan berbicara bahasa lain dengan percaya diri. Tempat yang aman untuk berlatih tanpa merasa takut atau malu berbicara dalam bahasa baru dengan lantang.

Jumbline 2

jumbline 2

Kalian suka game dengan tampilan yang cerah dan memiliki banyak warna? Kalian bisa coba untuk memakai Jumbline 2.

Jumbline 2 adalah  game yang mengajak pemainnya  untuk belajar bahasa asing dengan cara mencari kosakata dalam set yang diberikan. Setiap pemain akan mendapatkan set yang diisi dengan tujuh huruf bahkan lebih.

Fitur Highlight

  • Lebih dari 20.000 teka-teki lima, enam, dan tujuh huruf
  • Gratis untuk dimainkan
  • masukan garis bawah merek dagang Brainium
  • Dukungan keyboard fisik dan ketuk input
  • Mode permainan dengan waktu dan waktu
  • Pendidikan – pelajari kata-kata baru dengan pencarian kamus yang mudah
  • Tiga game dalam satu aplikasi
  • Prestasi yang menyenangkan dan menantang
  • Dukungan orientasi lanskap dan potret
  • Tema animasi cantik
  • Dukungan tablet dan telepon

Metode belajar dan tampilannya tentu tidak akan membuat Kalian merasa bosan ketika memainkannya. Jika Kalian tertarik untuk mencoba game yang penuh warna ini, Kalian bisa mendownloadnya dari Google Play Store maupun App Store.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi game belajar bahasa Inggris yang bisa kalian coba mainkan jika bosan dengan metode belajar bahasa asing yang terasa monoton karena tidak ada variasi.Namun meski belajar sambil bermain game itu menyenangkan, jangan sampai lupa untuk mempraktekkannya secara langsung.

Semoga informasi ini berguna untuk Kalian yang sedang belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris.