cara buat absensi di google form

Berikut Cara Buat Absensi di Google Form

Cara buat absensi di google form sangat penting untuk diketahui. Terlebih lagi untuk kamu yang berprofesi sebagai guru atau dosen. Di tengah pembelajaran online yang sedang dijalankan, akan sangat sulit jika absensi perlu dilakukan secara manual.

Itu karena, cara tersebut membuat waktu yang dibutuhkan menjadi semakin banyak. Kondisi berbeda akan terasa jika pembuatan absensi dilakukan memakai google form. Nantinya absensi bisa langsung disebar pada peserta secara cepat.

Nantinya peserta akan mengisi absensi secara online dan kamu tinggal melihat rekapnya. Dengan cara ini, waktu yang dibutuhkan dalam absensi menjadi lebih sedikit. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui proses pembuatannya.

Cara Buat Absensi di Google Form

Jika kamu belum mengetahui cara buat absensi di google form, ini adalah tempat terbaik. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai proses pembuatannya. Tidak perlu takut kesulitan ketika membuatnya.

Itu karena proses yang dilalui terbilang cukup mudah. Tetapi ingat, mudah bukan berarti kamu bisa meremehkan proses pembuatanya. Jika tidak ingin kesulitan, perhatikan penjelasan dari proses pembuatan absensi di bawah secara seksama.

  1. Buka Google Form

Tahapan pertama dalam cara buat absensi di google form adalah masuk ke situsnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, bukalah browser yang ada di perangkat. Sebenarnya penggunaan browser sendiri sangat bebas. Namun untuk pengalaman terbaik, kamu bisa pakai chrome.

Tahap selanjutnya adalah langsung masuk ke situsnya. Situsnya sendiri berada di alamat doc.google.com/forms. Pastikan sudah login menggunakan akun google ketika masuk ke situsnya. Jika belum, langsung saja lakukan login terlebih dulu.

  1. Buat Formulir

Tahapan selanjutnya dalam cara buat absensi di google form adalah membuat formulir. Ketika ada di situsnya, kamu bisa melihat berbagai template yang bisa dipakai. Contoh templatenya sendiri seperti informasi kontak, undangan pesta, dan lain sebagainya.

Namun selain template, ada juga satu pilihan formulir kosong. Disini kamu sebenarnya bisa memilih template yang sudah ada. Tetapi kalau ingin lebih mudah, jauh lebih tepat apabila memakai formulir kosong.

  1. Beri Informasi

Jika pembuatan formulir sudah dilakukan, kamu akan dipindahkan ke halaman selanjutnya dalam cara buat absensi di google form. DI halaman ini, tahap pertama yang bisa kamu lakukan adalah menambahkan judul. Ingat, pastikan judulnya mudah dipahami.

Jangan lupa juga untuk membuat deskripsi formulir tersebut. biasanya deskripsi ini diisi dengan aturan dalam absensi. Keberadaan deskripsi ini sangat penting agar peserta tidak kebingungan ketika hendak mengisi absensi.

  1. Kolom Nama

Tahap selanjutnya adalah membuat kolom nama. Dalam cara buat absensi di google form, poin ini terbilang sangat mudah. kamu bisa langsung melakukan tap pada kolom yang ada di bawah deskripsi.

Ketika kolom tersebut ditap, kamu bisa menulis “Nama” atau “Nama Siswa” pada kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk mengganti kategori kolom menjadi jawaban singkat. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan label Wajib Diisi yang ada pada bagian bawah.

  1. Kolom Jadwal

Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat kolom jadwal. Sama seperti membuat nama, kamu bisa melakukan tap pada kolom yang tersedia. Setelah ditap, tulis “Jadwal” atau “Jadwal Pelajaran” pada kolom tersebut.

BACA JUGA  11 Rekomendasi Terbaik Aplikasi Pinjaman Online Langsung Cair

Selanjutnya kamu bisa mengganti kategorinya menjadi pilihan ganda. Isi pilihan ganda tersebut dengan hari dimana peserta harus absen. Terakhir jangan lupa untuk menambahkan label wajib diisi.

  1. Kolom Keterangan

Selanjutnya adalah membuat kolom keterangan. Untuk tahap awal, proses yang perlu dilalui disini sama seperti sebelumnya. Kamu bisa langsung membuat kolom baru lalu menuliskan “Keterangan” sebagai pertanyaan di kolom tersebut.

Selanjutnya ganti juga kategori kolomnya menjadi pilihan ganda. Disini buatlah tiga pilihan ganda yang bertuliskan Hadir, Izin, dan Sakit. Tambahkan label wajib diisi dan proses pembuatan kolom keterangan sudah selesai.

  1. Kirim

Langsung saja simpan absensi yang sudah dibuat lalu kirim ke peserta yang akan melakukan absen. Saat mengirim ke peserta, kamu bisa langsung menyalin link yang tersedia disana. Tentu link tersebut perlu disalin terlebih dahulu.

Setelah disalin, proses penyebarannya sendiri bisa dilakukan lewat WA atau email. Kamu juga bisa menyuruh orang lain untuk menyebarkan link tersebut.

Akhir Kata

Pastikan untuk memerhatikan setiap poin dengan baik. Jangan sampai tidak serius memerhatikannya dan malah merasa kesulitan. Jika serius, kemudahan dalam cara buat absensi di google form akan terasa.

error: Content is protected !!