Download Aplikasi Cek Bansos Dari KEMENSOS 2022

Download Aplikasi Cek Bansos Dari KEMENSOS 2022

Ranalino.id – Sejak terjadinya pandemi covid-19 atau terjadinya wabah corona virus, pemerintah secara aktif menyalurkan bantuan sosial (bansos) pada rakyat yang membutuhkan, download aplikasi cek bansos untuk anda yang ingin mendaftar sebagai penerima bansos.

Selain uang tunai, bantuan pula diberikan dengan cara pemberian kuota internet, dan pelatihan kartu prakerja. Melihat situasi di lapangan, masih banyak orang sekitar yang percaya bahwa mereka layak dengan kualifikasi, tetapi tidak masuk dalam daftar bantuan.

Hal inilah yang dikeluhkan sebagian masyarakat terkait pembagian bansos. Lalu, bagaimana cara mendaftar menjadi penerima bansos?

Aplikasi Cek Bansos

Daftar sebagai penerima bansos bisa dilakukan di aplikasi Cek Bansos buatan Kementerian Sosial (Kemensos). Berikut alur proses mendaftar menjadi penerima bansos di aplikasi Cek Bansos:

1. Download Aplikasi Cek Bansos

Download “Aplikasi Cek Bansos” di Play Store. Gunakan kata kunciAplikasi Cek Bansos” serta pastikan pembuatnya adalah Kementerian Sosial, sebab tidak sedikit aplikasi serupa. Cek link di bawah agar tak salah.

Link Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos

2. Lakukan Registrasi

Silakan daftar terlebih dahulu, karena menu tersebut hanya dapat dilihat dengan user ID yang pernah divalidasi serta diaktifkan oleh admin Kementerian Sosial.

BACA JUGA  Simak Syarat Dan Cara Daftar Mudik Lebaran 2022 Gratis

Saat mendaftar, siapkan nomor KK, NIK, serta KTP. Aplikasi akan meminta snapshot kartu ID anda serta selfie dengan ID anda.

Setelah registrasi, masukkan kode OTP yang dikirimkan ke email anda. Setelah itu, anda harus duduk santai saat polisi memeriksa informasinya.

Menu aplikasi Cek Bansos bisa diakses setelah verifikasi lengkap. Jika anda telah terdaftar, silakan lakukan langkah-langkah berikut.

3. Pilih menu Daftar Usulan

Pilih opsiDaftar Saranserta buat saran. Menu tersebut akan menampilkan daftar ide yang diajukan oleh pemilik akun. Isi datanya:

  1. Nomor Kartu Keluarga
  2. NIK
  3. Nama lengkap sesuai KTP
  4. Tempat lahir
  5. Tanggal lahir
  6. Jenis kelamin
  7. Provinsi
  8. Kabupaten/Kota
  9. Alamat sesuai KTP
  10. RT
  11. RW
  12. Nama lengkap ibu kandung
  13. Nomor telepon yang dapat dihubungi.

Lalu klikPilih jenis bansos” serta lampirkan foto (selfie beserta KTP dan foto rumah). Pemilik akun dapat segera mendaftarkan diri, keluarganya, orang lain atau orang miskin lainnya pada tomboltambah proposal”.

Jika anda mendaftarkan keluarga sendiri, anda harus berada di KK yang sama. Perlu ditegaskan bahwa semua data pada kolom atau kolom yang ditampilkan harus berdasarkan data kependudukan, sebab akan langsung terhubung dengan data Dukcapil seperti menu registrasi.

Opsipilih jenis bansos” hanya akan tampil jika NIK yang dimasukkan ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

BACA JUGA  Sanggar Tari di Ruteng: Awit Te Sae

Nama, NIK, serta status kepatuhan Dukcapil, dan kesesuaian geografis serta Kartu Keluarga pemohon, termasuk di antara informasi yang berhasil disampaikan (KK).

Kata Kunci : Download Aplikasi Cek Bansos language:id