Download Aplikasi Cek Bansos Dari KEMENSOS 2022

Ranalino.id – Sejak terjadinya pandemi covid-19 atau terjadinya wabah corona virus, pemerintah secara aktif menyalurkan bantuan sosial (bansos) padarakyat yang membutuhkan, download aplikasicek bansos untukanda yang ingin mendaftar sebagaipenerima bansos.

Selain uang tunai, bantuanpula diberikan dengan cara pemberian kuota internet, dan pelatihan kartu prakerja. Melihatsituasi di lapangan, masihbanyakorangsekitar yang percaya bahwa mereka layakdengankualifikasi, tetapi tidak masuk dalam daftarbantuan.

Hal inilah yang dikeluhkan sebagian masyarakat terkaitpembagian bansos. Lalu, bagaimanacara mendaftar menjadipenerima bansos?

AplikasiCek Bansos

Daftarsebagaipenerima bansos bisa dilakukan di aplikasiCek Bansos buatanKementerianSosial (Kemensos). Berikut alurproses mendaftar menjadipenerima bansos di aplikasiCek Bansos:

1. Download AplikasiCek Bansos

Download “AplikasiCek Bansos” di Play Store. Gunakan katakunciAplikasiCek Bansos” serta pastikan pembuatnya adalah KementerianSosial, sebabtidak sedikitaplikasiserupa. Cek link di bawah agar tak salah.

Link Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos

2. Lakukan Registrasi

Silakan daftarterlebihdahulu, karena menu tersebuthanyadapat dilihat dengan user ID yang pernah divalidasi serta diaktifkan oleh admin KementerianSosial.

Saat mendaftar, siapkan nomor KK, NIK, serta KTP. Aplikasiakan meminta snapshot kartu ID andaserta selfie dengan ID anda.

BACA JUGA  Daftar Nomor Telepon dan Alamat Kantor FIF Group Pusat Serta Kantor Cabang

Setelah registrasi, masukkan kode OTP yang dikirimkan ke email anda. Setelah itu, andaharusduduksantai saat polisimemeriksa informasinya.

Menu aplikasiCek Bansos bisa diakses setelahverifikasilengkap. Jika andatelahterdaftar, silakan lakukan langkah-langkah berikut.

3. Pilih menu DaftarUsulan

PilihopsiDaftarSaransertabuatsaran. Menu tersebutakanmenampilkandaftaride yang diajukan oleh pemilik akun. Isi datanya:

  1. Nomor Kartu Keluarga
  2. NIK
  3. Nama lengkap sesuai KTP
  4. Tempatlahir
  5. Tanggallahir
  6. Jenis kelamin
  7. Provinsi
  8. Kabupaten/Kota
  9. Alamatsesuai KTP
  10. RT
  11. RW
  12. Nama lengkap ibu kandung
  13. Nomor telepon yang dapat dihubungi.

LaluklikPilihjenis bansos” serta lampirkan foto (selfie beserta KTP danfoto rumah). Pemilik akun dapatsegera mendaftarkan diri, keluarganya, oranglain atau orangmiskin lainnya padatomboltambahproposal”.

Jika anda mendaftarkan keluargasendiri, andaharus berada di KK yang sama. Perlu ditegaskan bahwa semuadatapadakolom atau kolom yang ditampilkan harusberdasarkandata kependudukan, sebabakan langsung terhubung dengandata Dukcapil seperti menu registrasi.

Opsipilihjenis bansos” hanyaakantampil jika NIK yang dimasukkan ada dalam DataTerpaduKesejahteraanSosial (DTKS).

Nama, NIK, sertastatuskepatuhan Dukcapil, dankesesuaian geografis serta Kartu Keluarga pemohon, termasuk di antarainformasi yang berhasil disampaikan (KK).

BACA JUGA  11 Daftar Buku dan Novel Pidi Baiq Lengkap dan Populer
Kata Kunci : Download Aplikasi Cek Bansos language:id