Tips Copywriting Media Sosial

7 Tips Copywriting Media Sosial, Dijamin Manjur!

Salah satu melakukan promosi melalui social media ialah menggunakan copywriting. Di era sekarang ini copywriting semakin dibutuhkan di banyak bidang salah satunya adalah marketing. Namun menggunakan copywriting tidak boleh asal – asalan. Tentunya dengan copywriting yang bagus kita berharap konten media sosial kita tersebut akan menjadi viral dan memiliki banyak interaksi yang sesuai dengan tujuannya

Tips Copywriting Media Sosial

Untuk itu kami rangkung tips copywriting media social dijamin mampu meningkatkan engagement marketing, simak penjelasan berikut ini:

1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama ketika melakukan copywriting social media ialah menentukan tujuan yang spesifik dan jelas. Banyak sekali tujuan yang bisa dicapai ketika menggunakan copywriting seperti mengenalkan produk kepada konsumen, membuka market baru atau meningkatkan penjualan. Dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai maka anda bisa membuat konten yang relevan sesuai kebutuhan.

2. Buat Headline Menarik

Tips selanjutnya ialah membuat headline iklan yang menarik biarpun simple namun dapat menarik minat perhatian dari konsumen pastikan juga relevan. Dengan tips ini orang akan dengan mudah melirik konten yang anda buat, semakin menarik semakin banyak orang melirik.’

BACA JUGA  Belum Tahu Cara Verified Akun Instagram Pribadi ? Begini Tahapan Yang Perlu Dilakukan

Headline yang menarik mencakup berapa hal yaitu:

1. Bermain dengan kata-kata

2. Tonjolkan keunggulan konten tulisan

3. Jangan terlalu panjang

4. Gunakan angka pada awal headline

Simak 2 contoh dibawah ini:

Contek 5 gaya street-style dari Selena Gomez ini!

bandingkan dengan penggunaan headline seperti ini:

Selena Gomez street-style yang bisa Anda contek!

Mana yang lebih bisa menarik perhatian Anda? tentu yang terdapat angka pada headlinenya karna angka menunjukkan dan menjelaskan sesuatu tanpa Anda harus baca secara keseluruhan.

3. Berikan Informasi dan Data yang Valid

Langkah setelahnya dalam copywriting media social ialah memberikan informasi dan data yang valid. Sama halnya dengan menulis berita, copywriting dibuat dengan dasar 5W+1H. Maka dari itu buatlah informasi yang menarik berdasarkan fakta, dengan begitu konsumen terbantu menemukan informasi yang mereka butuhkan hingga akhirnya mereka membeli produk yang anda tawarkan.

Selain itu sajikanlah informasi tersebut menggunakan data dan fakta agar orang – orang semakin yakin untuk membeli produk anda, dengan demikian masyarakat benar benar percaya bahwa produk yang anda tawarkan memang benar adanya dan bukan tipu- tipu.Menyampaikan data dan fakta akan lebih mudah memancing kepercayaan dan perhatian konsumen.

4. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Hal yang tak kalah penting dalam copywriting Sosial Media adalah mengkomunikasikan dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh konsumen, sehingga konsumen tidak merasa bingung maupun ragu ketika akan membeli produk yang anda jual.

Anda dapat menggunakan kata – kata personal yang mampu menciptakan komunikasi langsung, sebisa mungkin ciptakan seminimal mungkin jarak anda dengan konsumen melalui teknik copywriting, sehingga mudah dijangkau.

BACA JUGA  Inilah 3 Cara Membagikan Video dari FB ke WA yang Mudah

5. Kombinasikan dengan Visual

Agar orang tertarik membaca konten yang anda buat, maka dalam melakukan copywriting social media disarankan mengombinasikan dengan visual yang ciamik, hal ini dinilai lebih efektif dalam meningkatkan daya tarik copywriting yang dibuat. Kebanyakan orang akan lebih tertarik dan terkesan dengan visual daripada dengan tulisan.

6. Sesuaikan dengan Target Pasar

Seperti yang kita tahu bahwa social media merupakan tempat bagi orang dari berbagai umur, golongan, pekerjaan dan latar belakang lainnya yang semuanya dipastikan berbeda – beda. Untuk itu anda disarankan melakukan riset pasar tentang siapa saja yang akan menjadi target pasar anda. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam menentukan copywriting social media.

Gunakan bahasa yang sesuai dengan target pasar, pikirkanlah strategi yang sepadan dengan usaha yang anda lakukan, kemas bahasa copywriting sesuai dengan spesifikasi masing – masing target pasar.

7. Maksimalkan dengan SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu komponen penting di dalam melakukan copywriting. Dengan menggunakan SEO maka anda dapat menyampaikan pesan secara mudah dan efektif. Untuk itu lakukanlah riset terhadap media dan platform digital yang digunakan oleh competitor anda.

Nah begitulah tips dalam menggunakan copywriting secara efektif. Jangan lupa untuk terus belajar agar skill copywriting menarik dan dapat memancing lebih banyak konsumen kedepannya.