10 Langkah Membuat Marketing Plan Social Media

10 Langkah Membuat Marketing Plan Social Media

Menggunakan social media sebagai penunjang bisnis memang sangat dibutuhkan pada era digital seperti ini. Faktanya pengelolaan social media sebagai ajang marketing tidak sama dengan penggunaan social media pada umumnya. Tentunya terdapat perbedaan yang cukup signifikasi.

Pada ulasan kali ini akan kami bahas mengenai langkah membuat marketing plan social media agar dapat menunjang kesuksesan anda dalam berbisnis. Penasaran apa saja langkah-langkahnya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

Membuat Tujuan

Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah membuat tujuan yang ingin dicapai berupa meningkatnya traffic website, perluasan jangkauan pasar, penjualan produk yang mencapai sasaran, bertambahnya jumlah pelanggan baru, meningkatnya jumlah keuntungan dan investasi dan masih banyak lagi.

Buatlah tujuan sespesifik mungkin, realistis, relevan, terukur sesuai dengan jangka waktu yang sudah anda tentukan. Dengan menentukan tujuan maka anda dapat dengan mudah menentukan langkah demi langkah kedepan.

Pahami Target Audience

Langkah selanjutnya dalam menentukan marketing plan social media ialah memahami target audience agar dapat memahami topik apa saja yang disukai mereka. Anda bisa mengklasifikasikan audiens berdasarkan gender, umur, tipikal pekerjaan, domisili, rata – rata penghasilan dan masih banyak lagi.

Pilih Sosial Media

Sosial media kini beragam bentuknya, masing – masing social media meiliki keunikan, gaya, target audiens sendiri dan praktik pengelolaan yang lain juga. Anda harus menentukan social media yang cocok dengan strategi dan tujuan yang ingin dicapai. Anda juga tidak harus menggunakan semua social media, pilihlah salah satu atau beberapa yang menurut anda relevan dan dapat membangun engagement rate dengan audiens.

Temukan Tone of Voice

Membangun Tone of Voice merupakan hal penting, karena hal ini yang membedakan suatu brand yang satu dengan yang lainnya, sehingga dapat memudahkan audiens mengingat brand yang anda buat selain itu anda dapat dengan mudah membangun kepercayaan pelanggan.

Gunakan Planner dan Content Calender

Dalam membuat marketing plan social media, anda perlu membuat rancangan langkah demi langkah yang spesifik dan terus menerus setiap harinya. Dengan begitu tujuan anda akan tepat sasaran. Dalam planner tersebut cantumkan tentang jenis konten yang akan dibuat, bentuknya, karakteristik audiens, target pasar dan sebagainya. Lalu buatlah content calendar agar anda konsisten menjalankan planner tersebut.

BACA JUGA  Mengenal Media Sosial Management dan Fungsinya

Cari Inspirasi Konten

Carilah inspirasi membuat content misal dari content creator lainnya, membaca buku, melihat referensi teman dan sebagainya. Pastikan pula content yang anda buat bukan hasil plagiasi milik orang lain.

Siapkan Content Terbaik

Setelah mencari inspirasi content, langkah selanjutnya ialah menyiapkan content terbaik untuk diposting baik itu berbentuk tulisan, gambar maupun video, pastikan konten tersebut mampu menjelaskan tentang usaha yang anda miliki.

Bangun Relasi

Hal yang tidak kalah penting dalam marketing plan social media adalah membangun relasi dengan orang lain. Anda bisa memanfaatkan social media, selain itu anda bisa bertemu langsung atau mengikuti kegiatan lain yang relevan dengan bisnis anda.

Ketahui Kompetitor

Dengan mengetahui siapa saja competitor anda dalam dunia bisnis maka akan mempermudah dalam mengetahui kondisi pasar. Anda juga dapat menemukan celah yang bisa dimanfaatkan sebagai pemasaran dan mengetahui selera konsumen.

Evaluasi

Langkah terakhir dalam menentukan marketing plan social media ialah mengevaluasi kinerja anda ketika melakukan marketing di social media. Dengan begitu anda bisa dengan mudah menilai performa dan melakukan pengembangan diri pada postingan – postingan yang akan datang.

error: Content is protected !!