4 Social Media untuk Bisnis Makin Laris

4 Social Media untuk Bisnis Makin Laris

Media sosial kini bukan hanya sebagai platform hiburan semata, tetapi digunakan untuk mengembangkan bisnis terutama digital marketing. Bisnis atau penjual yang menggunakan media sosial sebagai penunjang pemasaran produk memberikan kemudahan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Calon pembeli membeli merasa terbantu untuk mengetahui produk yang sedang ia cari.

Pilihan Sosial Media Untuk Bisnis Meroket

Apalagi di masa pandemi ini yang mengandalkan platform digital dan semuanya serba online. Bahkan media sosial tertentu ada yang mendukung untuk melakukan transaksi di suatu aplikasi tersebut. Berikut platform social media untuk bisnis Anda makin laris:

  • Tiktok

Platform digital ini sedang hangat diperbincangkan dari kalangan selebgram hingga orang biasa sejak tahun 2020 atau saat pandemi sedang parah-parahnya. Tiktok ialah aplikasi atau sosial media berbasis video pendek dengan durasi sekitar 1 hingga 3 menit saja.

Kemudian pada 2021 lalu, tiktok merilis fitur baru yang sangat mendukung perkembangan bisnis dan UMKM Indonesia yaitu fitur tiktok shop. Ketika pengguna tiktok membuat video bisa melampirkan produk yang hanya tinggal klik di keranjang kuning. Dengan demikian, penggunaan media sosial untuk bisnis mampu memberikan memudahkan calon pembeli untuk mengakses dan melihat produk hingga review pelanggan yang telah membeli sebelumnya.

  • Instagram

Jutaan orang bahkan lebih telah menggunakan platform media sosial ini, entah untuk hiburan semata, untuk penunjang pendidikan, atau bersosialisasi dengan orang lain. Kini instagram telah memiliki fitur marketplace yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis. Fitur ini terletak di tampilan bawah dekat informasi profil akun Anda.

BACA JUGA  Inilah 3 Cara Membagikan Video dari FB ke WA yang Mudah

Selain itu, pengguna media sosial ini banyak didominasi oleh kalangan muda, terutama umur 17 hingga 25 tahun keatas. Instagram menyediakan fitur-fitur yang sangat bermanfaat untuk promosi bisnis digital karena jangkauan promosinya lebih luas. Fitur yang bisa Anda gunakan ialah feed, story, shopping, reels, hingga IG video.

Anda harus menyiapkan konten bisnis yang cocok dan tema menarik untuk ditayangkan di instagram. Kemudian jangan lupa memberikan caption yang membuat penasaran pembaca dan unik.

  • Facebook

Facebook bisa disebut sebagai social media untuk bisnis online yang bisa membantu pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Pengguna media sosial facebook didominasi oleh orang yang berumur 17 hingga 50 tahun, sehingga wajar jika banyak ibu-ibu dan bapak-bapak. Adapun fitur-fitur yang bisa Anda gunakan untuk bisnis digital, seperti melalui postingan pribadi, marketplace, grup facebook, hingga facebook ads.

Anda bisa menggunakan fitur tersebut yang dilengkapi dengan konten yang unik dan tidak pasaran, namun esensi promosi tetap dipertimbangkan. Penulisan caption jangan menggunakan kata-kata yang membosankan.

  • Twitter

Media sosial twitter masih digemari oleh banyak orang, terutama orang yang menyukai berita trending dan viral. Umumnya twitter banyak digunakan oleh kalangan generasi muda. Meski twitter didominasi berbasis teks, namun juga terdapat foto, video, maupun link, sehingga adanya platform media sosial untuk bisnis ini bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi secara lebih maksimal.

BACA JUGA  Mengenal Media Sosial Management dan Fungsinya

Seperti media sosial lainnya, twitter juga memiliki fitur-fitur menarik seperti group direct messages, twitter video, quick promote ads, dan twitter space.

Itulah beberapa media sosial yang bisa Anda gunakan untuk menunjang bisnis Anda terutama dalam hal pemasaran digital. Harap juga diperhatian sebelum anda menentukan dan memilih platform media yang akan anda gunakan  perlu membuat rencana jenis pemasaran yang akan anda gunakan, dengan demikian beberapa platform diatas mampu memberikan manfaat media sosial untuk bisnis yaitu memberikan kemudahan dan kenyamanan, baik untuk penjual maupun calon pembeli.