6 Ide Kreatif untuk Content Media Sosial

6 Ide Kreatif untuk Konten Media Sosial Dijamin Viral

Keberadaan media sosial telah memberikan banyak pengaruh, baik positif maupun negatif. Orang-orang semakin kreatif menciptakan ide-ide yang jarang ditemukan orang lain. Mereka berusaha mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menarik perhatian banyak orang, terutama untuk mencari followers dan like.

Kebanyakan pengguna media sosial hanya ingin viral dan dikenal banyak orang, tetapi mengabaikan sisi manfaat untuk orang lain. Anda sebagai pengguna media sosial yang bijak, tentu harus memperhatikan hal tersebut.

Berikut beberapa ide kreatif yang bisa Anda coba untuk konten media sosial:

  • Review peristiwa viral

Bagi Anda yang senang mengikuti berita viral, baik yang beredar di media sosial, televisi, hingga peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai ide konten.

Anda bisa membuat video bercerita dan review komentar Anda terhadap peristiwa tertentu. Dengan demikian konten Anda tentu akan ikut viral juga, dengan catatan tidak mengandung unsur negatif atau menjelek-jelekkan suatu pihak tertentu. Contoh konten media sosial jenis ini yaitu review film yang sedang trending, berita politik, atau review makanan unik.

  • Tutorial abnormal

Jenis konten ini sering dicari oleh orang banyak yang ingin mendapatkan informasi tertentu sekaligus ada unsur hiburannya. Selain itu bisa juga berisi tutorial yang jarang diketahui banyak orang. Misalnya cara menangkap ular tanpa digigit, tutorial cara cepat pakai MsWord, dan masih banyak lagi.

  • Challenge unik

Konten ini bisa Anda coba dengan menciptakan challenge baru yang unik dan menarik. Anda bisa mulai memikirkan hal ini dengan mencari fenomena baru yang sedang hangat diperbincangkan, lalu berinovasi untuk menciptakan sebuah challenge. Pastikan challenge yang Anda buat bermanfaat dan tidak mengandung unsur negatif.

  • Konten crafting

Bagi Anda pecinta kerajinan dan enggan menampilkan wajah di media sosial, konten ini perlu Anda coba. Anda bisa menampilkan video step by step membuat suatu kerajinan yang jarang diketahui orang banyak. Jenis konten media sosial ini membutuhkan kreativitas, jiwa seni yang tinggi, serta mencintai estetika hasil karya.

  • Make up character

Bagi kaum hawa konten ini sangat menarik dan menantang. Jika Anda ingin mencobanya perlu memiliki skill make up berkualitas dan profesional. Selain itu, Anda juga harus punya modal alat make up yang bermacam-macam. Terkadang tidak hanya kaum hawa saja, tetapi sebagian kaum adam juga tertarik dengan konten ini. Character yang akan menjadi riasan wajah Anda bisa berupa tokoh anime terkenal, tema kebangsaan, dan sebagainya.

  • Tips dan trik masuk dunia kerja

Konten ini biasanya digemari oleh orang dewasa yang tertarik di suatu bidang pekerjaan tertentu atau fresh graduate yang sedang ingin mencari pekerjaan. Pengaruh konten media sosial jenis ini tentu sangat positif dan berbobot. Apalagi adanya persaingan yang ketat di lapangan pekerjaaan yang semakin berkembang.

BACA JUGA  4 Social Media untuk Bisnis Makin Laris

Sebelum membuat konten tips dan trik pastikan Anda memiliki pengetahuan yang banyak mengenai hal yang akan Anda bahas. Pastikan tips dan trik yang Anda berikan memberikan manfaat positif untuk orang lain.

Itulah beberapa ide konten untuk sosial media Anda agar ramai dan semakin banyak followers sehingga menjadi viral. Selain ide, perlu Anda perhatikan juga mengenai desain konten media sosial Anda agar terlihat menarik dan tidak membosankan. Mari bersama kita ciptakan ekosistem media sosial yang lebih positif.

Aplikasi Pengelola Konten Media Sosial

Untuk mempermudah pekerjaan anda dalam membuat konten sosial media, berikut ini ada beberapa tools atau aplikasi yang bisa di gunakan yaitu:

Hootsuite

Hootsuite adalah alat yang dapat membantu Anda untuk bisa melacak dan mengelola banyak media sosial secara bersamaan. Diciptakan oleh Ryan Holmes, Dario Meli, dan David Tedman pada 2008, alat ini dapat memantau apa yang telah dikatakan orang tentang brand Anda serta membantu meresponsnya secara instan.

Buffer

Buffer adalah alat manajemen media sosial yang paling intuitif dan terjangkau untuk bisnis kecil. Jadwalkan konten sosial, dapatkan data dan wawasan keterlibatan, dan lihat semua postingan Anda di satu tempat.

MavSocial

Jadwalkan dan tingkatkan postingan Anda dengan mudah. Kelola, jadwalkan, publikasikan, dan tingkatkan konten Anda di semua jaringan media sosial Anda dari kalender kampanye yang mudah digunakan.

Falcon

Buat postingan berbayar dan organik untuk semua jejaring sosial Anda dalam satu kalender konten kolaboratif. Lebih mudah untuk mengelola saluran, tim, alur kerja, dan kampanye dengan sangat jelas. Alur persetujuan dan kumpulan konten memastikan keselarasan merek dan kualitas yang luar biasa.

TweetDeck

Aplikasi TweetDeck ini di khususkan untuk mengelola akun media sosial Twitter. Bisa mengelola banyak akun hanya dalam satu tampilan layar.

BACA JUGA  7 Tips Copywriting Media Sosial, Dijamin Manjur!
Kata Kuncimetode pranatacara kanthi nyiapake dhisik garis garis gedhene konsep pranata acara kang bakal diwedharakke,Rikala jagi maktayang pidarta napi malih jagi nyarengin lomba pidarta patut pisan nguratiang naskah tema Pidarta sane kabaktayang antuk ngapalang naskah pidarta kawastanin… * Ekstempore Impromtu Memoriter Manuskrip