Cara Mudah Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi

Cara Mudah Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup signifikan dalam kehidupan. Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna menanggulangi penyebaran virus Covid-19 menjadi lebih besar lagi. Salah satunya adalah menggunakan program vaksinasi. Dimana nantinya mereka yang sudah vaksin bisa mendapatkan sertifikat sebagai bukti. Namun bagaimana sih cara cek sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi?

Mungkin Kalian bertanya-tanya apakah bisa melakukan cek sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi. Sebenarnya bisa dilakukan, karena memang banyak alternatif yang bisa dilakukan oleh user agar bisa mendapatkan informasi tentang Sertifikat Vaksin pribadi mereka.namun karena minimnya informasi membuat banyak user tak tahu bagaimana caranya. Nah agar Kalian juga semakin mudah tahu, ini dia beberapa cara cek sertifikat vaksin tanpa bantuan aplikasi PeduliLindungi.

Layanan SMS

Meski secara umum banyak orang menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan cek sertifikat vaksin. Namun sebenarnya ada beberapa cara yang dilakukan oleh user agar bisa mengetahui informasi sertifikat vaksin mereka tanpa bantuan aplikasi PeduliLindungi.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan SMS. Ketika seorang individu sudah selesai melakukan proses vaksinasi. Maka dalam jangkauan waktu tertentu, mereka akan mendapatkan suatu SMS dari 1199 dengan isi di dalamnya adalah “Sertifikat vaksinasi ke-1 (NAMA) (NIK) (link sertifikat di PeduliLindungi)…”

Lalu langkah yang perlu dilakukan oleh mereka yang mendapatkan pesan singkat tersebut hanya perlu klik link yang sudah ada di dalam SMS tersebut. Nantinya Kalian akan membuka sebuah situs resmi dari PeduliLindungi.

Dalam proses ini Kalian juga perlu membuat akun pribadi terlebih dahulu. Dimana Kalian hanya memerlukan nomor telepon aktif maupun alamat Email yang masih bisa dibuka.

Ketika sudah selesai, Kalian hanya perlu melakukan pengisian data diri yang diperlukan. Dengan begitu Kalian bisa langsung mendapatkan akses informasi sertifikat vaksin dari situs resmi PeduliLindungi.

Melalui situs resmi PeduliLindungi

PeduliLindungi tak hanya bisa Kalian akses melalui aplikasi resmi saja. Namun Kalian sebagai user juga bisa melakukan akses ke situs resmi PeduliLindungi. Namun dalam tahap ini diperlukan beberapa cara agar bisa akses mudah ke situs resmi PeduliLindungi.

Jika Kalian belum tahu bagaimana cara mudah untuk akses situs resmi PeduliLindungi. Maka penjelasan yang ada di bawah ini akan lebih mempermudah Kalian.

  1. Hal pertama yang bisa Kalian lakukan adalah mengunjungi situs resmi PeduliLindungi atau Kalian bisa langsung akses di alamat ini https://www.PeduliLindungi.id/ melalui browser yang sudah tersedia di HP atau laptop.
  2. Pada bagian halaman utama, Kalian akan diberikan sebuah tampilan awal dengan kalimat “Sudah melakukan vaksinasi COVID-19? Cek sertifikat Kalian di sini” di bagian atas.
  3. Lanjutkan dengan memilih tombol “di sini” untuk melanjutkan akses.
  4. Lakukan login atau daftar akun untuk proses yang selanjutnya.
  5. Jika Kalian sudah terdaftar, maka Kalian hanya perlu masukkan nomor HP dan tunggu hingga ada kode OTP yang akan dikirim melalui SMS.
  6. Masukkan kode OTP tersebut ke situs resmi peduli lindungi.
  7. Ketika semua sudah berhasil, maka lanjutkan dengan memilih menu “Sertifikat Vaksin” pada tampilan utama situs resmi PeduliLindungi.
  8. Nantinya akan muncul sertifikat vaksin tahap satu dan tahap kedua.
  9. Pilih tombol “Unduh Sertifikat” agar proses download bisa dilanjutkan.
BACA JUGA  Aplikasi Belajar Bahasa Inggris dengan Native Speaker Android

Akhir Kata

Nah itu dia dua cara mudah cek sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi yang bisa Kalian lakukan. Cukup dengan cara tersebut Kalian sudah bisa akses sertifikat vaksin milik pribadi.

error: Content is protected !!