social media marketing

Yuk Kenali Tujuan dan Manfaat Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang

Kemajuan teknologi dan informasi saat ini juga mendukung perkembangan dan kemajuan di sektor ekonomi dan perdagangan. Banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor perdagangan karena memang memberikan keuntungan yang menjanjikan. Tentunya perusahaan dagang juga harus selalu menganalisis dan memantau perkembangan usaha mereka dari waktu ke waktu, salah satunya adalah melalui arus kas perusahaan dagang.

Seperti Apakah Bentuk Perusahaan Dagang Itu?

Sebagaimana namanya, perusahaan dagang adalah perusahaan yang bergerak dibidang jual beli, bisa berupa properti, pakaian, otomotif, perhiasan, dan lainnya. Bentuk perusahaan dagang tentunya terkait dan penuh dengan produk yang mereka jual dan memiliki kantor operasional juga tentunya. Itulah mengapa sektor perdagangan menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan mudah dijalankan. Bagaimana, apakah Anda tertarik berkecimpung di sektor perdagangan?

Secara gampangnya, perusahaan dagang mendapatkan untung dari sejumlah barang yang berhasil dijual. Jenis produknya sangat luas tentunya, bisa berupa bahan baku, bahan makanan, atau produk berupa barang jadi. Kehadiran perusahaan dagang sangatlah penting, sebagai jembatan antara sektor produksi dan para penikmat atau konsumen.

Dalam menganalisis kesehatan keuangan perusahaan, perusahaan dagang perlu menyusun arus kas perusahaan dagang. Arus kas tersebut berisi perincian pemasukan dan pengeluaran dalam periode waktu tertentu. Melalui arus kas tersebut, anda dapat melihat apakah perusahaan dalam kondisi mengalami kenaikan keuntungan dari periode sebelumnya atau justru mengalami penurunan pendapatan.

BACA JUGA  Cara Berinvestasi Di Bank Mandiri, Simak Penjelasannya!

Apa Tujuan dan Manfaat Laporan Arus Kas Perusahaan?

Bagi anda yang memiliki perusahaan dagang, tentunya anda menginginkan segala bentuk informasi aliran uang masuk dan keluar dari perusahaan.  Tentunya hal tersebut bertujuan untuk melakukan analisis keuangan, menentukan keuntungan, dan langkah pengambilan keputusan untuk periode yang akan datang.

Anda juga bisa melihat apakah ketersediaan uang yang ada sesuai dengan apa yang dilaporkan. Bila terjadi ketidak sesuaian, anda akan lebih mudah menelusuri dari mana datangnya kerugian atau penurunan pendapatan melalui laporan arus kas tersebut. Selain itu anda juga bisa menentukan prediksi arus kas di periode mendatang seberapa, ketersediaan barang yang harus ditambah atau diatur ada berapa, dan yang lainnya.

Selain itu, tujuan dan manfaat laporan arus kas juga untuk melihat kemampuan perusahaan dalam membayar sejumlah kewajiban. Memangnya kewajiban apa saja yang harus dibayar oleh perusahaan dagang? Nah ini banyak yah, diantaranya agalah gaji karyawan, pembagian laba dengan pemegang saham, pembayaran hutang, pajak penghasilan, dan lainnya.

Nah itu dia beberapa hal penting terkait dengan arus kas perusahaan dagang. Umumnya laporan kas berisi laporan mengenai aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan kegiatan pendanaan. Pastikan semua transaksi kas dana masuk dan dana keluar tercatat dengan baik yah, agar anda lebih mudah dalam mengatur dan melalukan pembagian keuangan untuk berbagai keperluan.