Keuntungan dan Kekurangan Dari Belajar Online

Semakin banyak siswa saat ini menjelajahi kemudahan dan fleksibilitas pendidikan online. Sementara perguruan tinggi dan universitas online telah menjadi trend selama bertahun-tahun, ada banyak metode e-learning lainnya yang berkisar dari siswa usia sekolah dasar hingga siswa yang lebih tua. Dengan berbagai jenis peluang pendidikan online untuk dipilih, ada juga sejumlah pro dan kontra yang datang dengan mengejar gelar atau sertifikat online.

Keuntungan Belajar online

Tidak peduli berapa usia seorang siswa memasuki lingkungan belajar online, jenis pendidikan ini menawarkan banyak manfaat. Bagi banyak orang, aksesibilitas melegakan karena kursus online dapat diambil di mana saja selama ada koneksi internet. Ini sangat ideal untuk siswa homeschooling atau terbaring di tempat tidur yang secara fisik tidak dapat menghadiri kelas mereka. Dalam banyak kasus, total biaya pendidikan online lebih rendah daripada metode pembelajaran tradisional. Ini terutama terlihat dalam lanskap universitas.

Sekolah online juga menawarkan berbagai mata pelajaran berbeda yang memungkinkan siswa memenuhi kebutuhan mereka untuk gelar yang diinginkan. Pendidikan online menawarkan tingkat peluang yang lebih tinggi sebagaimana dibuktikan oleh siswa yang belajar bahasa Spanyol dan benar-benar berkomunikasi dengan penutur asli di belahan dunia lain. Kemampuan untuk memperluas komunikasi dan interaksi ini meningkatkan kegunaan dan dampak dari menerima pelatihan online.

Siswa online juga mendapat manfaat dari fakta bahwa waktu tidak menjadi masalah karena mereka dapat menghadiri kelas, menyelesaikan kursus, dan mengikuti ujian kapan saja. Jamnya fleksibel sehingga siswa dapat dengan mudah memilih waktu siang (atau malam) yang sesuai dengan jadwal mereka. Ini sangat cocok untuk siswa yang ingin mengerjakan pekerjaan rumah setelah bekerja, atau untuk ibu yang ingin belajar di rumah saat anak-anak tidur siang.

Terakhir, ketersediaan perlengkapan sekolah dapat diakses secara online, sehingga menghilangkan biaya tambahan untuk membeli buku dan bahan belajar lainnya yang mahal. Sekolah online menerbitkan dokumen yang diperlukan, transkrip, diskusi langsung, bacaan yang dapat diunduh, dan email untuk digunakan siswa. Setiap kali pertanyaan diajukan kepada guru, mereka dengan cepat dijawab melalui email, forum, dan ruang obrolan.

Kekurangan Belajar Online

Adapun kerugian yang menyertai pembelajaran online, penting untuk meneliti lembaga yang sah karena beberapa gelar dan sertifikat online tidak diterima atau diakreditasi oleh sekolah lain jika Anda ingin pindah. Ada juga beberapa jenis perusahaan yang tidak mengenali pelatihan online yang diselesaikan. Saat menggunakan Internet untuk pendidikan, sebagian besar interaksi antara guru dan teman sekelasnya adalah melalui email dan obrolan online, yang berarti keterampilan komunikasi lisan diabaikan.

BACA JUGA  Valuta Asing yang Berasal dari Kegiatan Ekspor Barang Disebut Devisa?

Ketika kaum muda mengandalkan Internet untuk pendidikan mereka, mereka kehilangan banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial mereka. Ada yang tenggelam dalam kesendirian. Pengalaman pembinaan khas juga diberikan, seperti menghadiri prom, kegiatan untuk senior, dan berpartisipasi dalam olahraga kompetitif.

error: Content is protected !!