Bank DIGITAL terbaik indonesia 2023

Kenali, 12 Bank Digital Terbaik Indonesia 2023 Yang Populer Digunakan

Bank digital merupakan salah satu inovasi dalam industri perbankan yang semakin populer di beberapa negara, termasuk Indonesia. Keberadaan bank digital dapat memberikan keuntungan bagi nasabah dalam mengakses layanan perbankan secara cepat dan mudah, serta menghemat biaya transaksi.

Bank digital biasanya menyediakan layanan perbankan yang sama dengan bank konvensional, seperti pembukaan rekening, transfer uang, dan pembayaran tagihan, namun dapat diakses secara online tanpa perlu datang ke cabang bank. Bank digital juga biasanya menawarkan fitur-fitur tambahan seperti pembelian tiket atau pembayaran tagihan yang dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi.

Namun, ada juga beberapa kelemahan dari bank digital, seperti ketergantungan pada teknologi dan layanan pelanggan yang terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih bank digital yang tepat untuk Anda.

Apa itu Bank Digital?

Bank digital adalah bank yang menyediakan layanan perbankan melalui internet atau aplikasi pada ponsel pintar. Bank digital tidak memiliki cabang fisik seperti bank konvensional, sehingga nasabah dapat mengakses layanan perbankannya secara online.

Beberapa layanan yang biasanya ditawarkan oleh bank digital antara lain adalah:

  • Pembukaan rekening baru, baik rekening tabungan atau rekening giro.
  • Transfer uang ke rekening bank lain, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Pembayaran tagihan, seperti listrik, air, telepon, dan lainnya.
  • Penggunaan kartu debit atau kartu kredit untuk transaksi di toko atau online.
  • Akses ke informasi saldo dan transaksi rekening.

Bank digital biasanya menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan bank konvensional, serta proses yang lebih cepat dan mudah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih bank digital, seperti keamanan sistem, layanan pelanggan, dan kemudahan akses.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pemerintah Indonesia yang bertugas mengatur dan mengawasi sektor jasa keuangan di Indonesia, termasuk bank-bank digital memiliki peran dalam menetapkan standar dan tata kelola yang harus dipenuhi oleh sektor jasa keuangan, termasuk bank-bank digital, serta memberikan sanksi jika terjadi pelanggaran.

OJK juga memiliki program pengawasan dan pengembangan bank digital yang bertujuan untuk mendorong inovasi dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan bank digital. OJK juga menyediakan informasi mengenai bank digital yang telah mendapat izin usaha dari OJK, sehingga nasabah dapat membandingkan dan memilih bank digital yang terpercaya.

Keunggulan Bank Digital

Bank digital memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bank konvensional. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

  • Proses yang lebih cepat dan mudah: Nasabah dapat mengakses layanan perbankan secara online tanpa perlu datang ke cabang bank, sehingga proses yang diperlukan untuk mengakses layanan perbankan menjadi lebih cepat dan mudah.
  • Biaya transaksi yang lebih rendah: Bank digital biasanya menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan bank konvensional, sehingga nasabah dapat menghemat biaya transaksi.
  • Layanan yang tersedia 24 jam: Bank digital biasanya menyediakan layanan yang tersedia selama 24 jam, sehingga nasabah dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja.
  • Akses ke informasi rekening yang lebih mudah: Bank digital biasanya menyediakan aplikasi ponsel pintar yang memungkinkan nasabah untuk mengakses informasi rekening, seperti saldo dan transaksi, dengan mudah.
  • Fitur-fitur tambahan: Bank digital biasanya menawarkan fitur-fitur tambahan seperti pembayaran tagihan, pembelian tiket, dan lainnya yang dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi.

Kelemahan Bank Digital

Meskipun memiliki beberapa keunggulan, bank digital juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa kelemahan tersebut antara lain:

  1. Ketergantungan pada teknologi: Bank digital sangat tergantung pada teknologi, sehingga ada kemungkinan terjadi gangguan atau kegagalan sistem yang dapat menyebabkan nasabah tidak dapat mengakses layanan perbankan.
  2. Layanan pelanggan yang terbatas: Bank digital biasanya tidak memiliki cabang fisik seperti bank konvensional, sehingga layanan pelanggan yang tersedia biasanya terbatas pada layanan melalui telepon atau email.
  3. Kesulitan menangani masalah yang kompleks: Bank digital mungkin kurang efektif dalam menangani masalah yang kompleks, seperti pengajuan kredit atau penyelesaian sengketa, karena tidak memiliki cabang fisik yang dapat diakses nasabah.
  4. Keterbatasan dalam transaksi: Beberapa bank digital hanya menawarkan layanan transfer uang ke rekening bank lain di dalam negeri, sehingga nasabah mungkin tidak dapat melakukan transaksi dengan bank di luar negeri atau menggunakan mata uang asing.
  5. Kebutuhan perangkat teknologi: Nasabah harus memiliki perangkat teknologi seperti smartphone atau komputer yang terhubung dengan internet untuk dapat mengakses layanan perbankan yang ditawarkan oleh bank digital.
BACA JUGA  Pentingnya Punya Asuransi Mobil, Karena Sangat Menguntungkan

Bank Digital Terbaik Indonesia 2023

Berikut Ini kami akan sampaikan dua belas Bank Digital Terbaik Indonesia yang populer di gunakan oleh masyarakat secara umum dan dapat menjadi referensi jika anda ingin membuka rekening Bank Digital tersebut. Dengan sistem bank digital, nasabah tak perlu repot datang ke kantor untuk mengurus administrasi karena semuanya bisa dilakukan secara online.

1. Jenius (PT Bank BTPN Tbk)

Jenius adalah layanan perbankan digital yang ditawarkan oleh Bank BTPN, sebuah bank yang beroperasi di Indonesia. Jenius menawarkan berbagai macam layanan perbankan yang dapat diakses melalui aplikasi Smartphone android dan Ios

Keunggulan dari layanan Jenius adalah terkoneksi dengan sistem pembayaran internasional. Jadi buat Anda dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan Jenius dalam setiap transaksi Internasional Anda.

2. Jago (PT Bank Jago Tbk)

Bank Jago merupakan wajah baru dari bank yang sebelumnya bernama Bank Artos sejak tahun 2020. Di tahun yang sama, Gojek, melalui bisnis layanan keuangan dan pembayaran digital Gopay, masuk menjadi pemegang saham.

Perlu diketahui, Jago merupakan rekening digital dengan menggunakan nomor handphone. Artinya, rekening tersebut merupakan rekening utama yang bisa berevolusi lagi menjadi lima kantong Jago.

3. blu by BCA Digital (PT Bank Digital BCA)

Bank Central Asia (BCA) adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang juga menawarkan layanan perbankan melalui internet atau aplikasi ponsel pintar. BCA Digital merupakan layanan perbankan digital yang ditawarkan oleh Bank BCA yang memungkinkan nasabah untuk mengakses layanan perbankan secara online, tanpa harus datang ke cabang bank.

Beberapa fitur yang dimiliki blu BCA antara lain

  • bluAccount
  • bluSaving
  • bluGether
  • bluDeposit

4. Neobank (PT Bank Neo Commerce Tbk)

Kemudian Bank digital di Indonesia selanjutnya datang dari Neobank. Layanan digital ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan kegiatan transaksi apa saja.

Bank Neo Commerce meluncurkan aplikasi bernama neobank pada Maret 2021. Aplikasi neobank ini diklaim memiliki berbagai fitur dengan tampilan yang user-friendly, mulai dari Tabungan Neo WOW, Deposito Neo WOW, hingga Neo Jurnal.

5. Allo Bank (PT Allo Bank Indonesia Tbk)

Allo bank termasuk bank digital yang memberikan produk dan layanan perbankan online. Allo bank sebelumnya dikenal dengan nama PT Bank Arta Griya tahun 1992. Kemudian tahun 1996, nama bank berubah menjadi PT Bank Harda Internasional (BHI). Tahun 2021, BHI resmi diakuisisi oleh PT Mega Corpora yang mendapatkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nama PT Bank Harda Internasional diganti menjadi PT Allo Bank Indonesia Tbk bulan Juni 2021.

6. New Livin’ (PT Bank Mandiri Tbk)

Livin’ merupakan konversi digital dari Bank Mandiri. Dengan adanya Livin, para nasabah dapat melakukan berbagai transaksi dengan mudah.

Adapun salah satu kelebihan dari Livin ini adalah menggabungkan Bank Mandiri dan Mobile Banking Mandiri menjadi satu. Hal ini akan mempermudah nasabah Mandiri untuk bisa melakukan transaksi dan mengecek tabungan maupun deposito dalam satu tempat.

7. Aladin (PT Bank Aladin Syariah Tbk)

Di tengah peluang besar di pasar keuangan syariah Tanah Air, PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) hadir menjadi bank murni digital pertama nasional. Bank yang semula bernama PT Bank Net Syariah Indonesia Tbk ini mencuri perhatian sejak mengubah diri menjadi bank digital murni.

Di tengah status sebagai bank digital syariah pertama di negara dengan populasi muslim terbesar dunia ini, PT Bank Aladin Syariah Tbk terpilih menjadi pemenang penghargaan kategori “The Most Promising Islamic Digital Bank”

8. Digibank (PT Bank DBS Indonesia)

Jenis lain yang namanya cukup sering didengar adalah digibank. Bank digital digibank dimiliki oleh Bank DBS. Bank ini berasal dari Singapura dan meluncurkan produk digibank. digibank by DBS memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan dengan mudah.

9. SeaBank (PT Bank Seabank Indonesia)

Produk perdana dari Seabank adalah rekening tabungan. Rekening tabungan tersebut bisa mempermudah kamu mengelola aktivitas keuangan harian dan menyediakan tabungan dalam satu rekening dengan bunga tinggi.

10. Raya (PT Bank Raya Indonesia Tbk)

PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO) sebagai bank digital yang merupakan bagian dari konglomerasi keuangan mulai memperkuat sinergi dengan induknya, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Sejak Oktober 2021, Bank Raya telah bersinergi mengoptimalkan ekosistem BRI melalui peran Agen BRILink dengan produk Pinang Paylater atau produk Dana Talangan Agen BRILink. Pinang Paylater merupakan fasilitas pembiayaan dengan tenor pendek.

11. Nyala (PT Bank OCBC NISP Tbk)

Nyala Digital merupakan paket layanan perbankan digital yang dikeluarkan Bank OCBC NISP. Produk ini menyasar segmen anak muda.

Layanan Nyala hadir untuk kamu, generasi muda yang ingin mengelola keuangan dan mengoptimalkan dana berbasis digital. Nyala adalah sebuah layanan dari Bank OCBC NISP yang akan memberikan kamu solusi finansial untuk tumbuhkan uang

12. LINE Bank (PT Bank KEB Hana Indonesia)

Sebelumnya, Kita mungkin mengenal LINE sebagai aplikasi media sosial untuk mengirimkan pesan seperti WhatsApp dan Telegram. Namun, pada 2021 LINE Bank hadir di Indonesia untuk memberikan layanan perbankan yang lebih fleksibel.

BACA JUGA  Belajar Trading Forex dari Nol, Apakah Bisa Dilakukan?

Saat ini Line Bank adalah layanan digital hasil kolaborasi PT Bank KEB Hana Indonesia dan Line Corporation yang sedang viral saat ini.

Akhir Kata

Untuk menemukan bank digital terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu dengan membaca ulasan dan membandingkan fitur yang ditawarkan oleh berbagai bank digital. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menanyakan kepada teman atau keluarga yang sudah menggunakan layanan bank digital untuk mendapatkan rekomendasi.

error: Content is protected !!