Teknik memanaskan bahan menggunakan tabung reaksi dan penjepit adalah

Teknik memanaskan bahan menggunakan tabung reaksi dan penjepit adalah

Teknik memanaskan bahan nenggunakan tabung reaksi dan penjepit adalah

 

Jawaban

Teknik memanaskan bahan nenggunakan tabung reaksi dan penjepit adalah tangan memegang penjepit, tabung dipanaskan sambil digerakan ke atas bawah

Pembahasan

Keselamatan kerja di Laboratorium

Keselamatan kerja di Laboratorium adalah upaya yang dapat dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan dalam laboratorium. Maka, penting sekali untuk kita mengetahui bagaimana cara menggunakan alat – alat laboratorium, bahaya dari bahan – bahan kimia dan cara mengatasi jika terjadi kecelakaan di laboratorium.

 

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah ketika memanaskan larutan dengan tabung reaksi. Jangan memanaskan tabung reaksi dengan mulut tabung mengarah ke tubuh kita. Hal ini dikarenakan agar tubuh kita tidak terkena zat kimia yang didalamnya jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan seperti meledak atau menyemburkan cairan/gas.

 

Cara memanaskan yang tepat adalah tangan kanan memegang penjepit tabung reaksi, kemudian dipanaskan diatas bunsen, tabung reaksi dimiringkan dengan sambil digerakkan ke atas dan ke bawah pada sisi tabung reaksi. Hal ini dimaksudkan agar panas tidak terpusat pada satu titik saja sehingga tabung reaksi tidak pecah karena terlalu panas.

 

Kesimpulan

Teknik memanaskan bahan nenggunakan tabung reaksi dan penjepit adalah tangan memegang  penjepit, tabung dipanaskan sambil digerakan ke atas bawah. Cara memanaskan yang tepat adalah tangan kanan memegang penjepit tabung reaksi, kemudian dipanaskan diatas bunsen, tabung reaksi dimiringkan dengan sambil digerakkan ke atas dan ke bawah pada sisi tabung reaksi.

BACA JUGA  Yang Merupakan Pasar Faktor Produksi Tenaga kerja adalah
error: Content is protected !!