Berikut daerah penghasil kulit untuk kerajinan wayang kulit kecuali

Berikut daerah penghasil kulit untuk kerajinan wayang kulit kecuali

Berikut daerah penghasil kulit untuk kerajinan wayang kulit, kecuali …

A. Bandung
B. Sukoharjo
C. Magelang
D. Solo
E. Mageta​

 

Jawaban

Wayang kulit ialah salah satu kebudayaan asli dari beberapa daerah indonesia. Wayang kulit dihasilkan di beberapa daerah berikut kecuali daerah A. Bandung, karena wayang kulit banyak berasdal dari daerah jawa timur, solo, magelang, dan sukoharjo. Sehingga jawaban yang tepat ialah A.

 

Pembahasan

Wayang kulit merupakan kebudayaan asli asal indonesia yang memanfaatkan kulit untuk membuat alatnya, wayang dimainkan oleh seseorang dengan mengisahkan beberapa cerita yang memiliki makna. Contoh cerita yang ditampilkan oleh wayang kulit yaitu:

  • Cerita kesaktian pandawa.
  • Cerita kebijaksanaan yudhistira.
  • Cerita tokoh arjuna.
  • Cerita antereja yang menyedihkan.

Wayang kulit dibuat dengan kulit hewan seperti binatang, sapi, kerbau atau kambing yang dibuat menyerupai tokoh seseorang dan digerakkan oleh dayang pada pertunjukan wayang tersebut. Wayang kulit harus dilestarikan karena menjadi salah satu aset budaya bangsa yang sangat mudah tergerus arus globalisasi. Beberapa daerah penghasil wayang kulit kebanyakan berasal dari daerah jawa dan bali.

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa kita simpulkan bahwa yang bukan daerah penghasil kulit untuk kerajinan wayang kulit adalah Bandung. Wayang kulit merupakan kebudayaan asli asal indonesia yang memanfaatkan kulit untuk membuat alatnya, wayang dimainkan oleh seseorang dengan mengisahkan beberapa cerita yang memiliki makna. Beberapa daerah yang menghasilkan wayang kulit adalah jawa timur, solo, magelang, dan sukoharjo.

BACA JUGA  Tuliskan sebuah hadis yang berisi larangan meminum khamr
error: Content is protected !!