berikut yang bukan merupakan contoh wujud integrasi nasional adalah

Berikut yang bukan merupakan contoh wujud integrasi nasional adalah

Berikut yang bukan merupakan contoh wujud Integrasi Nasional adalah…

A. sikap menghargai dan merasa ikut memiliki kebudayaan daerah lain, bahkan mau mempelajari budaya daerah lain.
B. diadakan pekan
Olahraga Nasional yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali.
C. Sikap saling menonjolkan budaya daerah dengan merendahkan Budaya daerah lain.
D. sikap toleransi antar umat beragama
E .pembangunan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta oleh pemerintah Republik Indonesia

 

Jawaban

Pada soal tersebut di atas, yang benar bukan merupakan contoh wujud dari integrasi nasional adalah SIKAP SALING MENONJOLKAN BUDAYA DAERAH DENGAN MERENDAHKAN BUDAYA DAERAH LAIN. Dengan demikian maka jawaban yang benar adalah C.

 

Penjelasan

Integrasi nasional dapat diartikan sebagai penyatuan suatu bangsa sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan. Berdasarkan pengertian tersebut, integrasi nasional tentu saja sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia. Hal itu karena integrasi dapat menyatukan segala perbedaan yang ada di Indonesia entah itu berdasarkan latar belakang budaya, etnis, agama, hingga latar belakang ekonomi.

Sebagai suatu yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia, integrasi nasional harus diciptakan atau dibentuk. Ada beberapa faktor pendorong untuk membentuk integrasi nasional di Indonesia, yaitu adanya jiwa senasib dan seperjuangan, adanya tekad dan keinginan untuk bersatu, adanya ancaman dari luar, dan adanya ideologi yang mendukung integrasi nasional. Berikut adalah penjelasannya:

  • Perasaan memiliki nasib yang sama dapat ditemukaan saat masa penjajahan. Pada masa itu, bangsa Indonesia memiliki perasaan yang sama untuk menantang adanya penjajahan. Selanjutnya perasaan senasib dan seperjuangan pun mengantarkan kepada tujuan untuk memerdekaan diri dan menjadi bangsa yang merdeka. Pada saat perasaan senasib ini muncul, bangsa Indonesia bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan tanpa memedulikan suka, agama, ras, atau golongan.
  • Setelah memiliki perasaan senasib dan sepenanggungan, maka muncullah tekad dan keinginan untuk bersatu. Dengan adanya tekad ini, maka bangsa Indonesia mampu meraih kemerdekaan yang sudah diimpi-impikan. Salah satu tekad untuk bersatu dapat ditemukan dalam peristiwa Sumpah Pemuda.
  • Faktor pendorong lainnya adalah adanya ancaman dari luar yang menimbulkan semangat di kalangan bangsa Indonesia. Ancaman ini misalnya saat ada negara lain yang meng-klaim budaya Indonesia sebagai budaya mereka.
  • Faktor pendorong terakhir adalah ideologi yang mendukung integrasi nasional. Seperti yang sudah diketahui, Indonesia memiliki ideologi Pancasila di mana persatuan Indonesia menjadi salah satu nilai yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya itu saja, ada pula semboyan Bhinneka Tunggal Ika.  

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai wujud integrasi nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Wujud integrasi nasional adalah sebagai berikut:

  1. Menerapkan sikap toleransi antar-umat beragama di Indonesia. Toleransi atau saling menghargai ini penting dilakukan sebagai suatu bentuk kesadaran bahwa Indonesia memiliki agama dan kepercayaan yang berbeda-beda, meski berbeda harus saling menghormati.
  2. Menerapkan sikap menghargai dan merasa ikut memiliki kebudayaan daerah yang lain. Jika sikap menghargai dan perasaan memiliki sudah dikembangkan, maka bukan tidak mungkin akan tertarik dan belajar tentang budaya daerah lain. Misalnya masyarakat Jawa yang mau belajar tentang Tarian Legong yang merupakan salah satu kesenian masyarakat Bali.
  3. Diadakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia. PON merupakan ajang kompetisi atau perlombaan tingkat nasional yang diadakan setiap empat tahun sekali. Dengan adanya PON, maka akan terpupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta mampu menggali beragam potensi dari para atlet daerah.
  4. Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta oleh Pemerintah Republik Indonesia. TMII diresmikan pada 1976 dan di dalamnya bisa dilihat berbagai macam ajungan dari seluruh wilayah Indonesia. Setiap anjungan menampilkan atau menunjukkan rumah adat beserta aneka macam hasil budaya di provinsi misalnya alat musik, tarian, pakaian, dan sebagainya.
BACA JUGA  Endodermis pada penampang melintang akar tumbuhan dikotil terdapat di

 

Pembahasan

Ciri utama dari Integrasi Nasional adalah bersatunya segenap aspek-aspek baik itu budaya, politik, sosial dan lain sebagainya sehingga kemudian muncul kondisi yang selaras dan serasi secara nasional. Mencermati hal ini maka sudah tentu sikap yang merendahkan budaya lain bukan termasuk cerminan integrasi nasional dan justru sebaliknya merupakan bibit disintegrasi nasional.

 

Dengan integrasi sosial maka peratuan dan kesatuan bisa terwujud. Salah satu ciri hidupnya persatuan dan kesatuan adalah adanya sikap saling menghargai dan saling menghormati atas keberagaman yang ada. Di dalam integrasi nasional, segala keberagaman dipandang sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa yang wajib dijaga dan dilindungi bersama-sama.

 

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, maka berikut yang bukan merupakan contoh wujud integrasi nasional adalah sikap saling menonjolkan budaya daerah dengan merendahkan budaya daerah lain.  Jawaban (C) 

error: Content is protected !!