Client server biasanya menggunakan protokol

Client server biasanya menggunakan protokol

Client Server biasanya menggunakan protocol..

a. TCP
b. DNS
c. HTTP
d. HTTPS

 

Jawaban

Jaringan client-server biasanya menggunakan protocol TCP. Maka, jawaban dari soal di atas adalah (A).

 

Pembahasan

TCP adalah singkatan untuk Transmission Control Protocol. Protokol jaringan yang satu ini merupakan standar komunikasi yang berfungsi membuat perangkat-perangkat komputer dalam sebuah jaringan dapat berkomunikasi dan bertukar data satu sama lain.

TCP merupakan inti dari protokol jaringan internet. Dengan menggunakan TCP, client dan server dapat saling bertukar data yang telah diatur oleh TCP.

Selain itu, penggunakan protokol jaringan yang satu ini membuat keamanan dan integritas data menjadi lebih terjamin. Sebelum melakukan transmisi data, TCP menghubungkan sumber data dengan tujuannya.

Kemudian, data ini dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil agar mudah dikirimkan. TCP biasanya digabungkan dengan protocol IP dalam mengirimkan data ke komputer tujuan.

Protokol jaringan web seperti HTTP, serta pengiriman pesan menggunakan SMTP, IMAP, hingga POP, semuanya bekerja dengan menggunakan TCP.

Sebagai protokol jaringan, TCP memiliki 4 layer yaitu:

  1. Datalink Layer: Memastikan bagaimana cara komputer dalam jaringan mengirim dan menerima data. Layer ini bertugas untuk melakukan transmisi data antara aplikasi atau perangkat ke jaringan.
  2. Internet Layer: Bertugas mengirim paket dari pengirim ke tujuan dengan cepat dan tepat
  3. Transport Layer: Bertugas menyediakan koneksi data yang baik agar pengiriman paket berjalan lancar. Pada layer ini, juga perlu sistem keamanan yang baik agar tidak ada peretas yang bisa mengganggu jalannya pengiriman data.
  4. Application Layer: Berhubungan langsung dengan pengguna komputer. Pada layer ini, kita menggunakan program yang sesuai dengan tujuan kita. Program ini dijalankan dengan protokol TCP.
BACA JUGA  Dipandang dari penyaluran aspirasi rakyat demokrasi terbagi atas
error: Content is protected !!