Koperasi yang anggotanya adalah pengusaha tahu tempe termasuk koperasi

Koperasi yang anggotanya adalah pengusaha tahu tempe termasuk koperasi

Koperasi yang anggotanya adalah pengusaha tahu tempe termasuk koperasi

a.serba usaha
b.produksi
c. konsumsi​
d. jasa​

 

Jawaban

Pengusaha tahu tempe adalah anggota dari koperasi (B) produksi.

 

Pembahasan

Pilihan (B) benar karena koperasi produksi adalah jenis koperasi yang anggotanya merupakan produsen dari suatu barang atau jasa. Tujuan dari masuknya produsen dari suatu barang atau jasa ini adalah untuk bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang lebih murah sehingga bisa meningkatkan kualitas produksinya dan bisa mengurangi biaya produksi yang terjadi sehingga bisa meningkatkan keuntungannya. Contoh dari anggota pada koperasi produksi adalah pengusaha tahu tempe, peternak sapi perah, peternak madu, dll.

Pilihan (A), (C), dan (D) salah karena:

  • Pilihan (A): koperasi serba usaha adalah jenis koperasi yang menyediakan beberapa jenis layanan dalam koperasi tersebut. Contohnya adalah koperasi yang melayani pembelian barang konsumsi, menyediakan layanan simpan pinjam, hingga menjual barang-barang produksi. Koperasi ini disebut sebagai Koperasi Serba Usaha (SKU).
  • Pilihan (C): koperasi konsumsi adalah jenis koperasi yang anggotanya merupakan konsumen dari suatu barang atau jasa. Pada dasarnya, koperasi konsums akan menyediakan barang-barang yang merupakan kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, koperasi konsumsi ini seringkali terlihat seperti toko kelontong biasa. Namun, harga yang ditawarkan pada koperasi konsumsi ini cenderung lebih murah ketimbang toko lainnya sehingga membuat para anggotanya bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan harga yang lebih murah. Selain itu, keuntungan yang didapatkan oleh koperasi konsumsi atas penjualan barangnya ini juga akan dibagikan kepada anggotanya.
  • Pilihan (D): koperasi jasa adalah jenis koperasi yang menyediakan layanan bagi para konsumennya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Sebetulnya, koperasi jasa ini cenderung mirip dengan koperasi konsumsi hanya saja pada koperasi konsumsi hanya menyediakan barang saja. Sedangkan, pada koperasi jasa ini produk yang ditawarkan berupa jasa atau layanan yang bisa digunakan oleh para anggotanya. Contoh layanan yang ditawarkan oleh koperasi jasa adalah layanan asuransi dan jasa logistik.
BACA JUGA  Client server biasanya menggunakan protokol
error: Content is protected !!