Bentuk perjuangan jong islamieten bond

Bentuk perjuangan jong islamieten bond

Apa bentuk perjuangan jong islamieten bond?

 

Jawaban

Bentuk perjuangan dari Jong Islamieten Bond atau JIB yaitu memperjuangkan hak umat islam untuk belajar dengan cara  mengagendakan kursus tentang keislaman sebagaui agenda tahunan.

 

Pembahasan

Jong Islamieten Bond didirikan pada tanggal 1 Januari 1925 atas prakarsa Shamseryjal dan atas dukungan H. Agus Salim. Gerakan Jung Islamiten Bond didasarkan pada Islam dan nasionalisme Indonesia. Jong Islamieten Bond berkembang menjadi wadah mendidik pemuda muslim menjadi kader dengan landasan Islam yang kokoh dan Jong Islamieten Bond menjadi organisasi politik yang sangat penting dalam Gerakan Pemuda Islam dalam upaya menggulingkan pengaruh Belanda di Indonesia.

Secara khusus peran John Islamieten Bond sebagai bagian dari Organisasi Pemuda Islam dalam Pergerakan Nasional Indonesia dari tahun 1925 sampai 1942 yaitu:

  • Awal mula nasionalisme Indonesia.
  • Mendirikan Nationale Indonesische Padvinderij (NATIPIJ).
  • Meningkatkan derajat pendidikan.

Alasan Jong Islamieten Bond mendirikan kursus untuk umat Islam yaitu Islam adalah agama mayoritas di kalangan penduduk asli. Sebagai calon pemimpin di masyarakat, menurut Syamsurijal, anggota Jong Jawa merasa perlu mempelajari lebih dalam tentang ajaran agama ini. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang beragama Islam.

JIB didirikan dengan semangat pemuda Muslim terpelajar yang menegaskan identitas mereka di tengah hegemoni dan dominasi kolonialisme Barat. Tidak ada tren partai politik.

Pada hari pertama pembentukannya, organisasi ini berhasil merekrut 250 pengikut yang berdedikasi. Asosiasi tidak membatasi keanggotaan pada kelompok etnis tertentu, tetapi pada rentang usia 14 hingga 30 tahun. Hukum juga tidak membatasi. Misalnya, anggota boleh terlibat dalam kegiatan politik selama tidak mengatasnamakan JIB.

BACA JUGA  Agar Dapat Tampil Percaya Diri Ketika Berpidato Sebaiknya Kita?
error: Content is protected !!