Indonesia dikaruniai beraneka ragam jenis hewan diantaranya disebabkan oleh

Indonesia dikaruniai beraneka ragam jenis hewan diantaranya disebabkan oleh

Indonesia dikaruniai beraneka ragam jenis hewan diantaranya disebabkan oleh​

 

Jawaban

Indonesia dikaruniai beraneka ragam jenis hewan diantaranya disebabkan oleh letak Indonesia di antara benua Asia dan Australia. Posisi indonesia tersebut menyebabkan wilayah Indonesia dibagi tiga macam. Pembagian wilayah tersebut adalah Asiatis, peralihan dan Australis.

 

Pembahasan

Indonesia memiliki letak geografis yang strategis karena berada di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Dengan posisi tersebut maka Indonesia memiliki jenis flora dan fauna yang beranekaragam baik di darat maupun di laut.

 

Berdasarkan jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia, dibagi menjadi 3 bagian yang dibatasi oleh garis khayal yaitu garis Webber dan garis Walace. Ketiga wilayah persebaran tersebut yaitu wilayah barat (Asiatis), wilayah peralihan dan wilayah timur (Australis).

 

Berikut penjelasan singkat perbedaan ketiga wilayah tersebut adalah:

1. Bagian Barat/Asiatis yang tersebar di dataran Sunda atau wilayah barat Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan.

2. Bagian Peralihan dibatasi oleh garis Wallace dan garis Weber. Persebarannya meliputi kawasan Maluku, Sulawesi, maupun Nusa Tenggara.

3. Fauna Australis wilayahnya tersebar di dataran Sahul atau wilayah timur Indonesia seperti Papua

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa kita simpulkan bahwa Indonesia dikaruniai beraneka ragam jenis hewan diantaranya disebabkan oleh letak Indonesia di antara benua Asia dan Australia. Dengan posisi tersebut maka Indonesia memiliki jenis flora dan fauna yang beranekaragam baik di darat maupun di laut.

BACA JUGA  Berikut ini yang bukan merupakan contoh limbah lunak anorganik adalah
error: Content is protected !!