partai politik akan tumbuh subur di negara yang menganut paham

Partai politik akan tumbuh subur di negara yang menganut paham

Partai politik akan tumbuh subur di negara yang menganut paham

 

Jawaban

Partai politik dapat tumbuh subur di negara yang menganut paham demokrasi. Negara dengan paham demokrasi memberikan adanya kebebasan bagi rakyat untuk menentukan sikap serta memilih apa yang menjadi keinginannya. Aspirasi rakyat tersebut disampaikan melalui partai politik.

 

Pembahasan

Partai politik merupakan sarana yang berguna untuk menyampaikan pastisipasi warga negara dalam pengelolaan negara. Adanya partai politik dapat mendukung kelancaran sistem demokrasiPartai politik berperan sebagai agen demokratisasi dalam sistem politik. Dalam partai politik, anggotanya memiliki orientasi, nilai-nilai, serta cita-cita yang sama.

Partai politik dibentuk untuk mengaktifkan dan memobilisasi rakyat, mewakili kepentingan tertentu, serta memberikan sarana kepemimpinan yang sah. Berikut fungsi dibentuknya partai politik:

  • Sebagai sarana komunikasi publik.
  • Sebagai sarana sosialisasi.
  • Sebagai sarana rekrutmen politik.
  • Sebagai sarana partisipasi politik.
  • Sebagai pengatur konflik.

Partai politik akan tumbuh subur di negara dengan paham demokrasi. Negara dengan paham demokrasi akan mengutamakan rakyat dalam setiap pengambilan keputusan. Berikut alasan partai politik dapat tumbuh subur di negara dengan paham demokrasi:

  • Negara memiliki perwakilan rakyat.
  • Keputusan didasarkan aspirasi serta kepentingan rakyat.
  • Adanya penyelenggaraan pemilihan umum.

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa kita simpulkan Partai politik akan tumbuh subur di negara yang menganut paham demokrasi Negara dengan paham demokrasi memberikan adanya kebebasan bagi rakyat untuk menentukan sikap serta memilih dengan keinginannya. Aspirasi rakyat tersebut disampaikan melalui partai politik.

BACA JUGA  Pelopor pergerakan kaum wanita pertama di indonesia adalah
error: Content is protected !!