Strategi yang dilakukan untuk menyederhanakan bentuk produk kerajinan adalah

Strategi yang dilakukan untuk menyederhanakan bentuk produk kerajinan adalah

5. Strategi yang dilakukan untuk menyederhanakan bentuk produk kerajinan adalah ….

A. mengurangi bentuk yang dirasa berlebihan
B. menambah bentuk bila dirasa kurang menarik
C. mengganti produk tersebut dengan produk yang hampir sama
D. jawaban A dan B benar

 

Jawaban

Dalam melakukan penyederhanaan bentuk dari suatu produk kerajinan, strategi yang dilakukan adalah (D) jawaban A dan B benar.

 

Pembahasan

Pilihan (D) benar karena strategi penyederhanaan bentuk dari suatu karya kerajinan disebut dengan teknik stilasi. Teknik stilasi ini seringkali digunakan dalam pembuatan kerajinan berbasis media campuran. Dalam pelaksanaannya, teknik stilasi ini dilakukan dengan menambahkan bentuk dari suatu produk kerajinan apabila dirasa bentuk awalnya tidak menarik. Selain itu, stilasi juga bisa dilakukan dengan mengurangi bentuk dari suatu produk kerajinan apabila dirasa bentuk awalnya terlalu berlebihan.

 

Kerajinan berbasis media campuran adalah jenis karya kerajinan yang dibuat menggunakan lebih dari satu jenis bahan baku atau bahan dasar. Meskipun menggunakan lebih dari satu jenis bahan dasar, tetap ada satu jenis bahan dasar yang digunakan lebih banyak ketimbang bahan dasar lainnya dan disebut dengan bahan dasar dominan atau bahan baku dominan. Bahan dasar lainnya ini hanya digunakan untuk meningkatkan penampilan dari suatu karya kerajinannya saja.

Berikut adalah beberapa alasan pembuatan kerajinan berbasis media campuran:

  • Membuat kerajinan yang tidak monoton: dengan memadukan lebih dari satu jenis bahan dasar, seorang pengrajin bisa membuat suatu karya kerajinan dengan penampilan yang segar dan berbeda dengan penampilan dari karya kerajinan lainnya.
  • Membuat kerajinan yang modern: dengan memadukan lebih dari satu jenis bahan dasar, seorang pengrajin akan melakukan perancangan karya terlebih dahulu dan mengubah bentuk awal dari suatu karya kerajinan. Perancangan bentuk kerajinan ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan juga selera dari masyarakat sehingga bisa menghasilkan karya kerajinan dengan desain yang lebih relevan di zaman sekarang.
  • Menghemat bahan baku: alasan utama dari pembuatan kerajinan berbasis media campuran. Seorang pengrajin bisa menghemat penggunaan salah satu bahan baku apabila bahan baku tersebut adalah barang langka atau mahal dengan menggunakan beberapa jenis bahan baku sekaligus.

 

Berikut adalah teknik perancangan karya dalam kerajinan berbasis media campuran:

  • StilasI: teknik perancangan karya yang dilakukan dengan menyederhanakan bentuk dari suatu karya kerajinan.
  • Deformasi: teknik perancangan karya yang dilakukan dengan mengubah bentuk dari suatu karya kerajinan secara total sehingga menghasilkan bentuk karya kerajinan yang benar-benar baru. Namun, teknik deformasi ini dilakukan tanpa mengubah fungsi asli dari kerajinan tersebut.
BACA JUGA  Teknologi Perkembangbiakan Yang Dapat Dilakukan Pada Hewan Yaitu
error: Content is protected !!