Tebu berkembang biak dengan

Tebu berkembang biak dengan

Tanaman tebu dapat berkembang biak dengan cara … dan…..​

 

Jawaban

Tanaman tebu dapat berkembang biak dengan cara tunas batang dan stek batangTunas batang adalah salah satu cara perkembangbiakan vegetatif alami. Sedangkan, stek batang adalah perkembangbiakan vegetatif buatan. Jadi, tanaman tebu dapat berkembang biak dengan cara vegetatif alami dan vegetatif buatan.

 

Pembahasan

Tanaman tebu merupakan salah satu komoditi yang berperan penting dalam sektor perkebunan sebagai bahan baku pembuatan gula pasir. Tanaman tebu termasuk dalam famili Graminae dengan nama latin Saccharum officinarumTanaman tebu dapat berkembang biak dengan cara vegetaif alami melalui tunas batang, dan vegetatif buatan melalui stek batang.

Perkembangbiakan vegetatif ialah cara berkembang biak tumbuhan secara aseksual atau tanpa proses perkawinan. Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dibedakan menjadi vegetaif alami dan vegetatif buatanPerkembangbiakan vegetatif alami terjadi tanpa proses perkawinan dan tanpa adanya bantuan manusia. Sedangkan, perkembangbiakan vegetatif buatan terjadi tanpa proses perkawinan dengan adanya campur tangan manusia dengan tujuan untuk mendapatkan tumbuhan baru yang unggul.

Perkembangbiakan tanaman tebu melalui tunas batang terjadi dengan cara batang tebu akan tumbuh tunas dengan sendirinya dan menghasilkan tumbuhan individu baru. Sedangkan, perkembangbiakan tebu dengan stek batang dilakukan dengan memotong batang tebu, kemudian ditanam ke tanah dan akan menumbuhkan individu baru.

 

Kesimpulan

Bedasarkan penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa Tanaman tebu dapat berkembang biak dengan cara tunas batang dan stek batang.

BACA JUGA  Pengertian Agama Secara Etimologi Dan Terminologi
error: Content is protected !!