Pidato Singkat tentang guru

4 Contoh Pidato Singkat Tentang Guru Dan Tujuannya

Ketika memasuki tanggal peringatan hari guru nasional, biasanya para murid di sekolah akan melakukan kegiatan pidato tentang guru. Dalam kalimatnya tersebut, biasanya berisi ungkapan rasa syukur beserta terima kasih kepada sang pahlawan tanpa tanda jasa.

Namun sebelum ingin berpidato mengenai topik tersebut, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu kegiatan pidato. Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak umum yang berisikan aspirasi, pendapat, serta opini pribadi.

Namun, dalam berpidato, kita mesti menyampaikan kalimatnya secara jelas, logis, dan mudah dipahami. Dengan begitu para pendengar akan merasa lebih nyaman ketika mendengar narasi yang disampaikan.

Tujuan dari Adanya Pidato Tentang Guru

Setiap tanggal 25 November, di Indonesia selalu diperingati sebagai hari guru nasional. Pada tanggal tersebut, tidak jarang beberapa acara dilaksanakan, salah satunya kegiatan pidato. Biasanya, perwakilan murid akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Umumnya, kegiatan ini juga dilakukan pada saat kondisi maupun waktu tertentu. Contohnya, saat memasuki tanggal peringatan hari guru nasional, para siswa dan siswi biasanya akan mendengarkan pidato tentang guru di sekolah melalui perwakilan murid.

1. Alasan Mengapa Diperingati

Ada alasan mengapa hari para pengajar diperingati adalah karena memiliki tujuan dan maksud tertentu. Tujuannya ialah untuk mengingatkan kepada khalayak umum terutama bagi para murid, betapa besarnya jasa mereka dalam mengajar.

Selain itu juga, sebagai bentuk apresiasi penghormatan serta dukungan terhadap mereka. Guru perlu diapresiasi atas jasa-jasanya yang tidak terhitung banyaknya. Hampir semua anak bangsa belajar dari gurunya.

2. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan berpidato tersebut ialah untuk mengungkapkan permohonan maaf kepada para pengajar serta ungkapan terima kasih. Pidato singkat tentang guru memang sudah sering dilakukan terutama di beberapa sekolah dengan judul bagus.

3. Cara-Cara yang Harus Dilakukan

Lalu, apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk membuat orasi mengenai tema tersebut? Pertama, tentukanlah tujuannya untuk apa, lalu awali pembahasan dengan pengenalan, baik itu mengenai tenaga pendidik, atau hal berkaitan lainnya.

Kemudian pada saat pertengahan, mulai memasuki tema utamanya. Umumnya pada saat inilah momen permintaan maaf serta ucapan terima kasih dilakukan. Dan tahap terakhir pada pidato ini biasanya diisi dengan kalimat ajakan.

Contoh Pidato Singkat Tentang Guru

Buat anda yang sedang menyusun naskah pidato untuk memeperingati hari guru nasional, berikut ini kami berikan beberapa contoh pidato singkat tentang guru yang bisa kamu jadikan sebagai bahan refrensi

1. Pidato Singkat Tentang Guru dalam Bahasa Inggris

Good morning and best  wishes

Whom we respect,

  • Principal
  • /Mrs. Teacher
  • Staff and worker on duty

Also all my beloved and proud friends

In this bright day, I would like to send my gratitude to God so that we can gather in a good health and joy. I would like to say thanks for the opportunity given to me today to deliver my speech.

As we all know that today we celebrate a priceless moment for our heroes “teachers”. Teacher is a fighter who have educate people, give us insight and knowledge to greet our future. Teacher have been dedicate their time and mind to help us achieving our future goals without leaving our character. Teacher is a role model and example of us as their students.

We as students feel blessed and thankfull of their merit that given to build our characters. Also the merits of teacher to equip us with insight and hope. We know how troublesome we are even commiting such a disappointing act. But because of your patient and understanding we are very grateful. We can only hope and pray that all your sweat and sadness will be your field of rewards in the sight of God.

In this opportunity, in a very special occasion which are Teacher’s Day anda forever we will never forget your merit. Teacher is light and torch of nation, without teacher all knowledge will never be able to transferred. Teacher is a bridge and a guide for us in the darkness who by their love lead us into a better future. We as students will repay all you merit by hardwork to improve ourselves, so that we will not disappoint you. We as students will make you proud, and that none of your sweat and sadness be in vain…

In the closing of my speech this time, once again that I would like to say congratulation for the Teacher’s Day, and I hope you will always be the light of this nation with all you knowledge and love.

Thank you,

Regards.

2. Pidato Tentang Guru adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMPN 23 Senja Permai, Abraham Salahduin, M.H
Yang saya hormati, Bapak wail kepala sekolah, Aji Masyanto,M,pd
Yang terhormat, seluruh dewan guru
Dan hadirin yang berbahagia,

Alhamduliilah, puji dan syukur marilah kita sampaikan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha ESA, berkat rahmat dan hidayah-Nya lah kita semua bisa berkumpul di hari yang berbahagia ini dalam rangka memperingati hari guru nasional yang jatuh pada hari ini. 

Izinkanlah saya berdiri di sini untuk menyampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari guru nasional sebagai rasa terimakasih kita untuk guru-guru tercinta atas segala jasa-jasa yang telah mereka berikan.

Hadirin yang berbahagia, semboyan Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa saat ini masihlah sangat relevan. Mereka telah mendidik anak-anak calon penerus bangsa ini.

Presiden, Pejabat pemerintahan, pejabat daerah dan masih banyak lagi, semua adalah produk-produk yang dihasilkan oleh seorang guru. Tanpa guru mereka pastilah bukan siapa-siapa di dunia ini.

Guru adalah satu dari sedikit profesi yang sangat mulia di muka bumi ini.

Meskipun hanya bergelar Pahlawan tanpa tanda jasa mereka tak henti-hentinya berjuang untuk mengantarkan anak-anak Indonesia menuju cita-citanya agar kelak mereka bisa menjadi penerus bangsa ini dan menjadi manusia yang membanggakan bagi nusa dan bangsa.

Mereka telah mengantarkan dan membuka wawasan kita menuju dunia yang sangat luas ini. Mereka jugalah yang telah mengajarkan kita membaca, menulis dan berhitung.

Oleh sebab itu, tanpa guru-guru kita tidak mungkin bisa mencapai keberhasilan.

Meskipun anak-anak didik mereka kelak akan melupakan mereka, meskipun pemerintah tak lagi memperhatikan nasib mereka, guru akan tetap gigih melaksanakan tugasnya yang begitu mulia untuk membentuk calon-calon pemimpin bangsa.

Mereka tak akan lelah mengabdi dan tak akan lelah mengajar hingga usia senja menghampiri mereka.

Maka dari itu, Sudah sepatutnya kita memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan rasa terima kasih yang sangat mendalam kepada guru-guru kita yang telah bersusah payah untuk mengajar setiap pengetahuan, memberikan nasihat dan motivasi yang membangun serta bimbingan dan teladan yang membentuk kepribadian kita agar menjadi manusia yang berpendidikan dan bermoral.

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, sekali lagi saya menyampaikan bahwa guru adalah orang yang sangat berjasa di dalam hidup kita.

Oleh karena itu, marilah kita menyampaikan rasa terimakasih yang sangat besar untuk guru-guru kita semua. Saya kira cukup sampai di sini pidato singkat yang bisa saya sampaikan.

Semoga di hari guru nasional ini, guru-guru selalu Berjaya. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

3. Pidato Singkat Tengang Guru di Sekolah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat, Kepala Sekolah SMP Tunas Bangsa,

Yang terhormat segenap guru dan staf tata usaha SMP Tunas Bangsa,

Serta semua teman-teman yang saya cintai,

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena pada pagi yang cerah ini, kita dapat berkumpul dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional di sekolah kita tercinta.

Pada kesempatan ini, saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan terima kasih kepada guru-guru kami yang selama ini telah membimbing, mengajari dan mendidik kami dengan sabar. Tanpa guru-guru kami, mungkin kami tidak akan mengerti apa-apa, tidak bisa membaca dan menulis, tidak mengetahui ilmu-ilmu pengetahuan yang ada di luar sana. Tanpa mereka juga, mungkin kami tidak akan seperti sekarang, tidak akan bisa bersaing dengan siswa lain di luar sana.

Untuk itu sekali lagi kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesabaran serta dedikasi guru-guru kami selama ini. Walaupun terkadang kami bandel dan membuat guru-guru kami kesal dengan segala tingkah laku kami, namun mereka tetap sabar menghadapi kami, kami meminta maaf yang sedalam-dalamnya atas hal tersebut.

Akhir kata, di hari yang spesial ini, kami memiliki harapan-harapan untuk guru-guru kami tercinta, semoga guru kami selalu sehat dan senantiasa dalam lindunganNya agar bisa terus menjalankan tugas mulianya. Kami juga berharap semoga kami bisa mencontoh apa yang telah guru kami lakukan dan membanggakan beliau semua di masa depan dengan menjadi manusia yang berhasil dan sesuai dengan harapan guru-guru kami.

Sekian pidato singkat dari saya, sekali lagi saya mengucapkan selamat Hari Guru Nasional kepada segenap Bapak Ibu guru SMP Tunas Bangsa.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

4. Pidato Tentang Guru dari Siswa

Assalamualaikum WR WB

Yang saya hormati Bapak kepala sekolah SMK (……………). Bapak/ ibu guru beserta stafnya.

Dan tak ketinggalan adik-adik dan teman-teman yang saya cintai. Terima kasih kepada hadirin semua tentunya yang sudah hadir di sini.

Yang pertama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal-afiat.

Shalawat serta salam tetap tercurahkan pada junjungan nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa zaman dari zaman jahiliyah ke zaman keislaman ini, dan semoga kita mendapat syafaat di hari akhir nanti aamiin.

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato dengan tema “Hari Guru Nasional” dimana peringatan hari guru ini setiap tahunnya diperingati.

Guru merupakan orang yang paling berjasa, dia adalah pahlawan negara. Setiap dia mengajar tanpa rasa malas, tanpa rasa lelah.

Namun, siswanya kadang membuat guru menjadi marah dan kesal. Tetapi, itulah memang proses belajar mengajar.

Indonesia sangatlah kaya dengan tenaga pengajarnya yang tak pernah lelah mengajarkan anak-anak bangsa yang mudah-mudahan kelak menjadi manusia yang berguna bagi bangsa kita.

Karena kita tahu, masih banyak guru-guru yang kurang begitu memahami kondisi siswa dengan cara pengajarannya dan ilmu-ilmu yang kita berikan.

Jasa para pengajar memang tidak dapat digantikan, berkat merekalah kita menjadi orang yang memiliki kepribadian baik serta berilmu. Untuk mengapresiasi jasa para pengajar tersebut, tidak ada salahnya mencoba membuat pidato tentang guru.

BACA JUGA  Rakyat pribumi mengartikan cultuurstelsel dengan sebutan tanam paksa karena
error: Content is protected !!