Pidato tentang lingkungan hidup

Pidato Tentang Lingkungan Hidup Beserta Contoh Naskah Pidatonya

Banyak sekali tema yang bisa dibahas ketika akan berpidato, salah satunya tema pidato tentang lingkungan hidup. Tetapi sebelum itu, apakah Anda mengetahui pengertian dari pidato? Jika tidak, mari bahas secara jelas dalam artikel ini.

Pidato merupakan sebuah kegiatan menyampaikan suatu pendapat, aspirasi, atau opini pribadi, di depan banyak orang. Bentuk dari pidato mirip seperti orasi, disampaikan dengan maksud tujuan tertentu dan menyampaikan topik hangat.

Kegiatan berpidato juga kerap kali menjadi ajang bagi sebagian orang untuk melatih dalam cara mengemukakan suatu pendapat atau opini pribadi. Selain itu, berpidato juga membantu melatih keberanian dalam berbicara di depan banyak orang.

Pidato Lingkungan Hidup dan Pengertiannya

Lalu, apa yang dimaksud dengan tema pidato mengenai lingkungan hidup? Pertama-tama, mari kita mencari tahu terlebih dahulu apa itu lingkungan hidup, berikut ini akan kami jelaskan pengertiannya.

Dalam menyampaikan topik pembahasan dalam berpidato, Anda harus mengemukakan suatu pendapat logis, masuk akal, dan mudah dimengerti. Misalnya tema pidato tentang lingkungan hidup, hal ini bertujuan agar para pendengar menjadi nyaman ketika mendengarnya.

Lalu, bagaimana cara untuk memahami lingkungan supaya bahan pidato bisa didapatkan? Maka dari itulah, artikel ini dibuat. Kini Anda tidak perlu cemas, karena kami akan membantu Anda mengupas tuntas mengenai materi ini.

Lingkungan hidup merupakan keseluruhan benda. Baik itu benda mati maupun benda hidup, berada pada satu tempat yang sama dan memengaruhi satu sama lain. Umumnya, tema pidato lingkungan hidup memiliki beberapa tujuan.

Beberapa maksud dalam penyampaian topik tersebut di antaranya mengingatkan betapa pentingnya menjaga lingkungan, dampak dari kerusakan alam, dan masih banyak lagi. Masing-masing tujuan tersebut, biasanya disesuaikan dengan kondisi sekitarnya.

Contoh, ketika suatu desa sering mengalami banjir besar, dan penyebab dari banjir tersebut ternyata dari sampah penduduk desa itu sendiri. Maka, pidato tentang lingkungan hidup merupakan topik yang tepat untuk menyadarkan betapa pentingnya menjaga alam.

Cara Menyampaikan Pidato Lingkungan Hidup yang Tepat

Adapun mengenai cara penyampaian dari berpidato tidak boleh dilakukan secara acak atau sembarangan. Ada urutan-urutan tertentu agar teks kalimat terdengar menjadi lebih sopan, lalu apa saja urutannya?

Pertama, Anda bisa memulai dari pengenalan dan orientasi tentang topik yang akan dibahas. Kemudian sebutkan masalah atau topik utama dari orasi tersebut beserta dampaknya. Dan terakhir, bisa ditambahkan ajakan atau kalimat persuasif.

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup

1. Pidato Ajakan Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Teman-teman, sudah makan snack yang dibagikan oleh panitia?

Saya sarankan teman-teman untuk membuang sampah kemasannya pada tempat sampah yang tersedia di kampus ini.

Bencana banjir terjadi di beberapa daerah di kota ini. Hal tersebut terjadi salah satunya karena kelalaian kita sendiri sebagai manusia. Kerap kita tak sadar membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik.

Saat sampah organik lainnya bisa terurai dengan cepat, sampah plastik membutuhkan ribuan tahun untuk bisa terurai. Namun, meskipun terurai, lingkungan yang jadi tempat penguraiannya jadi tercemar. Maka dari itu marilah kita membatasi diri dalam menggunakan sampah kemasan.

Dapat kita saksikan di sungai-sungai di kota ini, banyak sekali tumpukan sampah kemasan seperti kantong plastik yang menggunung sehingga membuat sungai jadi dangkal. Teman-teman semua, itulah yang salah satu penyebab banjir terjadi di beberapa titik.

Adalah kewajiban kita untuk menjaga lingkungan dari semakin menumpuknya plastik. Maka dari itu, saya sarankan agar kita mulai menggunakan kantong dari bahan non plastik.

Tas totebag yang tersedia di minimarket harganya tidak sampai 10 ribu. Belilah 1 dan gunakanlah berkali-kali karena memang aman untuk bisa dipakai ulang.

BACA JUGA  Imperialisme Modern Muncul Setelah Terjadinya Revolusi Industri Karena Bertujuan Untuk

Teman-teman, hanya itu yang bisa saya sampaikan. Semoga pidato singkat ini memberikan inspirasi bagi kita semua untuk selalu menjaga lingkungan dan keasriannya.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

2. Pidato Pentingnya Menghemat Air untuk Menjaga Lingkungan Hidup

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Mari kita awali pertemuan kali ini dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena sudah diberi banyak nikmat dan berkah. Tak lupa, semoga selawat selalu berlimpah kepada Nabi Muhammad SAW sampai kepada kita selaku umatnya.

Hadirin yang saya hormati,

Sudah menjadi pengetahuan umum, jika air adalah salah satu elemen yang paling penting untuk keberlangsungan hidup.

Tidak hanya bagi manusia, tapi air sangat penting bagi seluruh makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Tanpa adanya air, mungkin kehidupan tak akan pernah ada.

Namun seiring waktu, ketersediaan air bersih di beberapa daerah mulai terancam. Bukan terjadi di luar negeri, tapi isu tersebut pun sudah mulai ada di Indonesia.

Lantas, apa yang harus kita lakukan? Tak perlu neko-neko, ayo kita lakukan hal kecil dan ada di sekitar kita. Apa itu? Yaitu menghemat air dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air, misalnya mematikan keran bila tak dipakai, selalu rawat pipa dan bak untuk menghindari kebocoran air, lalu bijaklah menggunakan air ketika mandi atau mencuci.

Hal-hal kecil itu bila dilakukan terus menerus dan bersama, akan punya dampak besar bagi lingkungan sekitar.

Kemudian kamu pun punya peran untuk menekan risiko krisis air di lingkungan sekitar. Sebab pada hakikatnya, menghemat air bisa membawa manfaat, seperti kamu punya cadangan air lebih banyak, menjaga keseimbangan jumlah air, dan menjaga ekosistem air.

Lebih konkret lagi, menghemat air bukan hanya punya manfaat bagi lingkungan, tapi pengeluaran pun akan lebih hemat.

Jadi, ayo kita segera menghemat air untuk lingkungan yang lebih baik lagi.

Itulah hal-hal yang ingin saya sampaikan. Semoga pidato ini ada manfaatnya.

3. Pidato Menjaga Kelestarian Bumi

Selamat pagi!

Hadirin yang saya hormati,

Bumi ini sudah semakin tua. Kita selaku penghuni yang lebih berakal dari hewan dan tumbuhan haruslah menjaganya demi masa depan anak cucu kita. Jangan sampai udara, air, dan tanah yang masih bersih sekarang hilang sehingga tidak bisa dinikmati oleh keturunan kita.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk melestarikan bumi. Pertama, kita bisa menjaga bumi dengan tidak membuang sampah pada tempatnya. Kedua, gunakanlah air bersih secukupnya dan tidak boros. Ketiga, manfaatkanlah lahan selayaknya jangan sampai berlebihan sehingga bisa mengakibatkan berbagai bencana.

Hadirin yang saya hormati,

Udara kini semakin panas, air bersih jadi barang ekonomi, dan tanah tak lagi subur seperti dulu. Mari kita bersama-sama mulai melakukan penghijauan alam untuk anak cucu kita. Mereka berhak mendapatkan air bersih, udara bersih, dan tanah yang subur.

Mari mulai dari sekarang dan mari mulai dari hal terkecil, dari yang paling dekat dengan diri kita.

Sekian.

Semoga pidato singkat ini membawa manfaat.

Salam.

Akhir Kata

Ternyata dalam berpidato mengenai suatu topik, harus terdapat aturan serta maksud tertentu. Seperti contoh di atas misalnya, topik akan menjadi lebih sinkron jika dinarasikan berdasar kondisi saat ini, seperti pidato lingkungan hidup tersebut.

error: Content is protected !!