Nama hewan dan tumbuhan habitat manfaat bagi manusia

Nama hewan dan tumbuhan habitat manfaat bagi manusia

Nama hewan dan tumbuhan…. habitat….. manfaat bagi manusia…

 

Jawaban

Di sekitar kita banyak sekali hewan dan tanaman yang kaya akan manfaat. Dari gambar di atas di tentukan hewan dan tumbuhan yang ada di sekiar kita jadi saya akan coba jawab yg mudah dan memang ada di sekitar kita.

Hewan :

1. Ayam.

Manfaat : Sumber protein, bahan konsumsi makanan Habitat : habitat asli di hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

2. Sapi.

Manfaat : Sumber protein di ambil daging dan susu nya Habitat : Habitat asli di padang rumput dan hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

3. Cacing tanah : lumbricus dll

Manfaat : Sebagai protein sangat tinggi bisa menjadi bahan baku obat seperti types dan lain lain. Habitat : Ada di dalam tanah yang lembab dan subur.

4. Kuda.

Manfaat : Sebagai protein tinggi di ambil susu nya dan sebagai pembantu alat transportasi (delman/dokar/andong). Habitat : Habitat asli di padang rumput dan hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

5. Annjing.

Manfaat : Sebagai penjaga (rumah,kebun,ternak) Habitat : Habitat asli di hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

6. Burung.

Manfaat : Sebagai sumber protein di ambil daging dan telur, membantu mengendalikan hama karena memakan serangga, dll. Habitat : Habitat asli di pepohonan alam bebas tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

7. Lebah.

Manfaat : Sebagai pengumpul madu alami, pembantu proses penyerbukan tanaman. Habitat : Habitat asli di hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

8. Ikan.

Manfaat : Di konsumsi sebagai sumber protein tinggi dan omega 3.  Habitat : Habitat asli di perairan lepas, sungai, danau tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

9. Ular.

Manfaat : di ambil kulit nya sebagai bahan baku industri fashion, bahan baku obat dan lain sebagai nya  Habitat : Habitat asli di hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

10. Cicak.

Manfaat : Pengendali nyamuk dan serangga malam. Habitat : Habitat asli dulu di pohon pohon dan dinding gua saat ini di dinding sekitar rumah rumah manusia.

Tumbuhan :  

1. Tumbuhan Sambiloto.

Manfaat : Untuk menekan sel kanker dan menjaga fungsi hati selain itu sebagai obat Tuberculosis., penyakit malaria, penyakit kencing manis, dan penyakit disentri.

2. Tumbuhan Kunyit. Manfaat : Kunyit bisa mencegah penyakit kanker, mencegah penyakit Alzheimer, mencegah penyakit anemia, mencegah diabetes dan bisa sebagai obat penyakit tifus. Habitat : Habitat asli nya di hutan saat ini banyak terdapat di kebun kebun sekitar kita.

BACA JUGA  Di dalam ekosistem jamur dan bakteri berkedudukan sebagai

3. Tumbuhan jati. Manfaat :  Daun sebagai pakan hewan  dan kayu nya dimanfaatkan manusia untuk bahan industri meubel seperti meja,kursi,lemari hingga bahan bangun rumah.

4. Belimbing wuluh. Manfaat : dapat digunakan untuk mengobati diabetes, melancarkan pencernan, mencegah penyakit kanker, dan mencegah hipertensi.

5. Tumbuhan kumis kucing.

Manfaat : Bahan baku obat obatan

6. Sirih.

Manfaat : Untuk mimisan, mengobati gatal-gatal yang diakibatkan oleh alergi, diare, dan gusi berdarah.

7. Tumbuhan pisang. Manfaat : Buah mengandung vit. C, bunga jantung dan batangnya bisa di konsumsi makhluk hidup dan digunakan sebagai olahan bahan obat.

8. Tumbuhan Kelapa. Manfaat : Daging buah untuk konsumsi mahluk hidup, Pelepah nya bisa untuk pembuatan rumah, jembatan dan lain lain.

9. Tumbuhan pandan.

Manfaat : Pewarna alami, pengharum dan juga sebagai pakan ternak (kambing dan sapi).

10. Tumbuhan Alga.

Manfaat : Daun sebagai bahan kosmetik, dan untuk pakan ikan. Habitat : Habitat asli nya alga di air sekitaran sungai dan sawah yang terendam air.

Kesemuanya itu selain alga Habitat asli nya di hutan tanah tetapi saat ini banyak terdapat di kebun kebun sekitar kita.  

error: Content is protected !!