Urutan yang benar pada sistem reproduksi wanita adalah

Urutan yang benar pada sistem reproduksi wanita adalah

Urutan yang benar pada sistem reproduksi wanita adalah …

a. ovarium – oviduk – uterus – vagina
b. oviduk – ovarium – vagina – uterus
c. uterus – oviduk – ovarium – vagina
d. ovarium – vagina – uterus – oviduk

 

Jawaban

Reproduksi (perkembangbiakan) adalah suatu proses menghasilkan individu baru atau keturunan yang bertujuan untuk melestarikan jenisnya. Urutan yang benar pada sistem reproduksi wanita adalah ovarium – oviduk – uterus – vagina (A).

 

Pembahasan

Saat pergi ke peternakan ayam, kita akan melihat anak yang sedang makan di dekat induknya. Dalam hal ini, induk ayam telah mengalami perkembangbiakan (reproduksi). Sama halnya dengan hewan, manusia juga mengalami reproduksi. Reproduksi (perkembangbiakan) adalah suatu proses menghasilkan individu baru atau keturunan yang bertujuan untuk melestarikan jenisnya. Terjadinya reproduksi pada manusia melalui proses fertilisasi. Fertilisasi adalah suatu proses pertemuan antara sperma dan ovum. Urutan sistem reproduksi wanita dari dalam ke luar terdiri atas:

  • Ovarium: organ reproduksi pada wanita yang berfungsi menghasilkan sel telur (ovum).
  • Oviduk (tuba fallopi): organ reproduksi pada wanita yang berfungsi sebagai tempat fertilisasi yaitu tempat bertemunya sperma dan ovum.
  • Uterus (rahim): organ reproduksi pada wanita yang berfungsi sebagai tempat perkembangan janin. Pada uterus terdapat endometrium yang berfungsi sebagai tempat melekatnya zigot. Pada bagian ujung uterus terdapat serviks (mulut rahim).
  • Vagina: organ reproduksi pada wanita yang berfungsi sebagai tempat keluarnya janin dan darah menstruasi.

Dengan demikian, urutan yang benar pada sistem reproduksi wanita adalah ovarium – oviduk – uterus – vagina.

BACA JUGA  seorang turis di selat sunda melihat seekor ikan lumba lumba
error: Content is protected !!