Berikut yang bukan merupakan bentuk interaksi keruangan yaitu

Berikut yang bukan merupakan bentuk interaksi keruangan yaitu

Berikut yang bukan merupakan bentuk interaksi keruangan, yaitu….

a. transportasi
b. mobilisasi penduduk
c. pertumbuhan penduduk
d. komunikasi

 

Jawaban

Interaksi keruangan atau interaksi antarruang bisa diartikan sebagai suatu cara untuk mengelola keruangan yang didasarkan pada potensi, permasalahannya, dan keterkaitan antara suatu ruang dengan ruang lain di sekitarnya. Interaksi keruangan memiliki tiga bentuk, yaitu mobilitas penduduk, komunikasi, dan transportasi. Jadi, istilah yang tidak termasuk sebagai bentuk dari interaksi keruangan adalah c. pertumbuhan.

Pembahasan

Manusia tidak pernah bisa dilepaskan dari berbagai hal yang bersifat keruangan. Hal tersebut disebabkan ruang tersebut menjadi tempat tinggal bagi manusia. Usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup juga dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan berbagai hal yang terdapat di ruang hidupnya.

Setiap ruang sendiri selalu memiliki keterbatasan sehingga membutuhkan adanya interaksi dengan kerja sama dengan ruang lain. Istilah tersebut bisa merujuk pada tempat, daerah, wilayah, kota, negara, hingga benua.

Karena keterbatasan setiap ruang tersebut, maka muncullah istilah interaksi antarruang atau interaksi keruangan. Interaksi antarruang merupakan suatu cara untuk mengelola keruangan yang didasarkan pada potensi, permasalahannya, dan keterkaitan antara suatu ruang dengan ruang lain di sekitarnya. Interaksi antarruang memiliki keterkaitan erat dengan pergerakan, baik manusia, barang maupun informasi.

Interaksi antarruang bisa terjalin di mana pun dan kapan pun, selama memenuhi beberapa syarat tertentu. Berikut berbagai syarat interaksi antarruang.

  • Kemudahan transfer (transferability)
  • Saling melengkapi (complementarity)
  • Kesempatan antara (intervening opportunity)

Di samping terdapat syarat-syarat tertentu, interaksi antarruang juga memiliki tiga bentuk, yaitu:

  • Komunikasi
  • Mobilita penduduk
  • Transportasi

Interaksi antarruang secara sederhana merujuk pada hubungan yang terjalin antara suatu tempat dengan tempat lain. Salah satu contoh dari interaksi antarruang adalah pedagang sayur di pasar Ciracas, Jakarta, melakukan pembelian sayur dari petani sayur di daerah Bogor.

BACA JUGA  Jelaskan tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu
error: Content is protected !!