Lukisan yang mempunyai tujuan komersil biasanya dibuat dengan mengikuti

Lukisan yang mempunyai tujuan komersil biasanya dibuat dengan mengikuti

Lukisan yang mempunyai tujuan dibuat komersial biasanya dibuat dengan mengikuti?…

A. Selera pelukis
B. Ekspresi pelukis
C. Keadaan sekitar
D. Selera pasar

 

Jawaban

Lukisan yang mempunyai tujuan dibuat komersial biasanya dibuat dengan mengikuti selera pasar (D)

 

Pembahasan

Seni lukis merupakan cabang dari seni rupa yang menyempurnakan kegiatan menggambar yang lalu diwujudkan melalui karya dua dimensi seperti kertas, kanvas, papan, atau media datar lainnya, dari objek tiga dimensi. Kegiatan ini menggunakan bermacam-macam alat yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat menghasilkan garis dan warna yang diinginkan.

Seni lukis menghasilkan lukisan yang tampilannya memiliki nilai estetika di mana dalam lukisan tersebut harus bisa menjelaskan atau menerjemahkan apa yang ada dalam objeknya.

 

Secara garis besar, lukisan dikategorikan dalam dua kategori, yaitu lukisan idealis dan lukisan komersial.

1. Lukisan idealis

Seniman masih memperhatikan kebutuhan rasa untuk berkarya dengan menuangkan semua aspek seperti bahan, warna, maupun efek-efek yang dihasilkan dari teknik tanpa dipengaruhi oleh faktor komersial.

2. Lukisan komersial

Sebuah lukisan dapat menghias atau memberi aksen tambahan pada suatu ruangan atau tempat. Kebutuhan lukisan sebagai aksen interior lebih dari kebutuhan apresiasi sebuah karya seni yang membuat banyak lukisan sengaja dibuat untuk kebutuhan tersebut. Dengan kata lain, lukisan dibuat untuk dijual dan bukan sebuah manifestasi dari proses berkarya.

 

Seni lukis mempunyai beberapa tujuan yaitu:

  • Tujuan ekspresi

Dengan melukis, seniman dapat menuangkan segala isi hatinya dalam sebuah karya pada kanvas, kertas, atau benda datar lainnya. Lukisan tersebut dapat mewakili rasa bahagia atau sedih yang dirasakan oleh seniman.

  • Tujuan estetis

Lukisan dengan objek pemandangan keindahan suatu daerah atau tempat dapat ditampilkan estetikanya oleh seniman.

  • Tujuan komersil

Ketika seniman mengutamakan nilai ekonomi dalam karyanya, maka seniman itu mempunyai tujuan komersil. Contohnya adalah seniman jalanan yang menggambar wajah seseorang.

  • Tujuan simbolis

Lukisan dapat melambangkan suatu cita-cita kehidupan pribadi atau kelompok. Contohnya cita-cita berupa kebahagiaan atau kehendak positif yang bermanfaat bagi manusia.

  • Tujuan magis

Di beberapa lukisan dapat ditemukan mantra-mantra tertentu. Lukisan ini biasanya cukup primitif dan memberikan kesan misterius bagi siapapun yang melihatnya.

  • Tujuan religius
BACA JUGA  Apa logo yang paling menarik yang pernah kamu temukan jelaskan

Seniman bisa menjadikan karyanya yang mempunyai nilai keagungan kepada Tuhan Yang Maha Esa, leluhur, nenek moyang, atau dewa-dewi

error: Content is protected !!