Berikut ini pasangan organel dan fungsinya yang tepat adalah

Berikut ini pasangan organel dan fungsinya yang tepat adalah

Pasangan nama organel dan fungsinya yang benar

 

Jawaban

Organel sel merupakan komponen-komponen penyusun sel & bersifat hidup. Organel sel adalah bagian terpenting pada suatu sel yang berfungsi mengatur proses kehidupan dalam sel. Organel sel terdapat dalam bagian yg disebut sitoplasma. Organel sel terdiri menurut beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsi yg berbeda tetapi bekerja menjadi satu sistem yg mendukung proses kehidupan yang terjadi pada sebuah sel.

 

Pembahasan

Sel adalah bagian yg paling mini didalam suatu sistem kehidupan makhluk hidup. Orang yg pertama kali mengamati sel adalah Robert Hook. Ia melakukan pengamatan pada sayatan gabus menggunakan mikroskop sederhana pada tahun 1665. Kemudian dalam saat yg sama jua Thomas Schwann menilik bagian-bagian flora dan fauna. Kedua ilmuan tersebut mengamati bahwa flora dan fauna tersusun atas sel-sel.

Membran Sel

Membran sel merupakan bagian paling luar yg membungkus sel yang tersusun atas lemak (lipid) dan protein (lipoprotein).

Fungsi membran sel

-Melindungi sel

-Mengatur keluar masuknya zat

-Penerima rangsangan dari luar

Sitoplasma

Sitoplasma merupakan cairan sel dan segala sesuatu yg larut di dalamnya, kecuali nukleus (inti sel) dan organel, dan sitoplasma terdiri atas protein material dan air. Sitoplasma bersifat koloid kompleks yakni tak cair dan tak padat yg dapat berubah tergantung konsentrasi air, bila konsentrasi air rendah akan berubah jadi padat lembek dianggap gel, sedangkan bila konsentrasi air tinggi akan menjadi encer disebut sol.

Fungsi Sitoplasma

-Tempat berlangsungnya metabolisme sel

-Sumber bahan kimia sel

Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah bagian selberbentuk benang-benang yang masih ada di inti sel. Retikulum endoplasma terbagi atas 2 yakni retikulum endoplasma halus (REh) & retikulum endoplasma kasar (REk). Retikulum endoplasma halus (REh)  tak melekat dengan ribosom, sedangkan retikulum endoplasma kasar (REk) adalah melekat pada ribosom.

Fungsi Retikulum Endoplasma

-Alat transportasi zat pada sel sendiri

-Mensintesis lipid pada sel (REh)

-Membantu dalam detoksifikasi se-sel berbahaya pada sel (REh)

-Sintesa protein (REk)

Mitokondria

Mitokondria adalah organel terbesar yang adalah mesin dalam sel. Mitokondria berbentuk mirip menggunakan cerutu yg mempunyai 2 lapis membran yg lekuk-lekuk dan dinamakan kritas. Oksigen dan glukosa berkombinasi menciptakan energi (ATP) yang dibutuhkan dalam metabolisme & kegiatan seluler pada organel sehingga mitokondria dijuluki sebagai the power house karna membuat tenaga. Mitokondria pada bentuk tunggulnya dianggap menggunakan mitokondrion. Mitokondrion merupakan organel yang mengubah menurut tenaga kimia ke tenaga yg lain.

Fungsi Mitokondria

-Menghasilkan energi dalam bentuk ATP

-Respirasi seluler

Mikrofilamen

Mikrofilamen merupakan organel sel yang terbentuk berdasarkan protein aktin dan miosin. Mikrofilamen mempunyai kemiripan dengan mikrotubulus akan tetapi mikrofilamen lebih lembut & diameternya lebih mini .

BACA JUGA  Energi apakah yang dihemat

Fungsi Mikrofilamen

-Berperan pada pergerakan sel, endositosis dan eksositosis

Lisosom

Lisosom adalah organel berupa kantong terikat di membran yg berisi kandungan enzim hidrolitik yg digunakan dalam mengontrol pencernaan intraseluler pada keadaan apapun. Lisosom terdapat dalam sel eukariotik. Lisosom adalah sel hewan yang tak bisa tumbuh lagi

Fungsi Lisosom

-Pemasukan makromulekul menurut luar menuju ke pada sel menggunakan prosedur endositosis

-Mencerna materi dengan memakai fagositosis

-Mengontrol pencernaan intraseluler

-penghancuran organel sel yang sudah rusak (autofagi)

Peroksisom (Badan Mikro)

Peroksisom merupakan kantong kecil yg berisi dengan enzim katalase yang manfaatnya menguraikan peroksida (H2O2) yg adalah residu berdasarkan metabolisme yang sifatnya toksik menjadi air & oksigen yg membahayakan sel. Peroksisom banyak ditemukan pada sel hati & ginjal.

Fungsi Peroksisom

-Menguraikan perokida (H2O2) menurut sisa-residu metabolisme toksik

-Perubahan lemak sebagai karbohidrat

error: Content is protected !!