contoh berita 5w 1h tentang lingkungan sekolah

Contoh berita 5w 1h tentang lingkungan sekolah

Buatlah sebuah berita 5w+1h tema lingkungan sekolah

 

Jawaban

5W+1H adalah sebuah istilah dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada enam kata tanya yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi penting dari sebuah teks, termasuk berita. Keenam kata tanya tersebut mencakup apa (what), siapa (who), kenapa (why), dimana (where), kapan (when), dan bagaimana (how). Keenam kata tanya ini memiliki fungsi masing-masing. Kata tanya apa menyajikan identifikasi fenomena. Kata tanya siapa menyangkut pihak yang terlibat dalam suatu peristiwa. Kata tanya kenapa terkait alasan atau latar belakang. Kata tanya dimana terkait tempat. Kata tanya kapan terkait waktu, dan kata tanya bagaimana terkait proses terjadinya suatu peristiwa.

 

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk membuat satu contoh berita bertemakan lingkungan sekolah dengan tetap menggunakan unsur 5w+1h. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

 

Gotong royong untuk membersihkan sekolah

Minggu (16/12/2018) menjadi hari yang cukup ramai di SMP Tritunggal. Pada hari itu, seluruh siswa, guru, dan karyawan berkumpul bersama di sekolah untuk melakukan kegiatan gotong royong. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga lingkungan sekolah tetap asri dan bersih. Dengan melibatkan seluruh warga sekolah, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta dan memiliki para warga sekolah terhadap lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh seorang pastur dan kemudian berlanjut dengan gotong royong. Para peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok yang bertugas di area yang berbeda-beda, mulai dari kelas, ruangan guru, laboratorium, kantin, lapangan, hingga taman sekolah. Akhirnya, kegiatan gotong royong tersebut berakhir pada sore hari dan ditutup dengan makan bersama.

BACA JUGA  Jelaskan manfaat listrik bagi pembangunan
error: Content is protected !!