Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat bermusyawarah

Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat bermusyawarah

Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!

 

Jawaban

Contoh pengalaman  menghargai pendapat orang lain saat musyawarah yaitu:

Saat musyawarah pada pemilihan tema penampilan kelas pada pentas seni sekolah. Setiap siswa diberikan haknya untuk mengeluarkan pendapatnya mengenai jenis penampilan yang akan ditampilkan dan juga diizinkan untuk mencalonkan diri atau mencalonkan teman yang akan menjadi perwakilan. Saya memberikan pendapat untuk menampilkan tari daerah karena akan tampak indah. Namun, teman saya ada yang tidak setuju karena menurutnya membutuhkan waktu yang lama untuk latihan sementara waktu menjelang tampil hanya 2 minggu saja. Saya menghargai pendapat dan sarannya karena  saya berpikir logis akan sulit untuk menyiapkan tarian daerah selama 2 minggu. Akhirnya kami menggambil pilihan bersama untuk menyanyikan lagu daerah bersama-sama.

 

Pembahasan:

Di dalam bermusyawarah kita tetap harus memiliki tata krama termasuk sikap saling hormat dan menghargai perbedaan pendapat yang muncul. Karena tujuan utama musyawarah adalah untuk mendapatkan keputusan bersama demi kepentingan bersama. Musyawarah termasuk dalam sila ke-4 Pancasila.

Pengamalan nilai dasar Pancasila lainnya, Sila 4 “Nilai Kerakyatan dan Musyawarah”, yaitu:

  • Musyawarah untuk menentukan perwakilan kelas dalam perlombaan antar kelas.
  • Adanya kesempatan menyampaikan pendapat dalam rapat dan masukan serta kritik apapun diterima dengan lapang dan tetap dipertimbangkan dalam penentuan keputusan.
  • Kita menghargai pendapat orang lain, memberikan kesempatan untuk menyampaikan pemikiran, dan membuat keputusan yang mengutamakan kepentingan bersama.
  • Ketua kelas dalam mengambil keputusan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan para pengurus kelas lainnya yang  untuk akhirnya membuat keputusan akhir bersama (ketua kelas tidak diktator untuk menuruti kehendaknya sendiri).
  • Membentuk kepanitian di sekolah dan melaksanakan tugas dengan baik, apabila ada masalah dibicarakan dalam rapat dan musyawarah untuk keputusannya.
BACA JUGA  Penulisan struktur proposal yang efektif haruslah
error: Content is protected !!