Kalimat ajakan persuasif pada reklame bertujuan untuk
Jawaban
Salah satu ciri dari reklame adalah memiliki kalimat yang bersifat ajakan. Kalimat ajakan ini digunakan untuk menarik perhatian orang agar tertarik dengan apa yang ada pada reklame tersebut.
Pembahasan
Reklame adalah sebuah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan berbagai hal, seperti informasi, penawaran, promoso sebuah produk, dan layanan publik. Reklame dibuat dengan memadukan gambar dan kalimat yang menarih. Meski terliha seperti iklan, reklame dan iklan memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan reklame dan iklan adalah reklame berukuran besar dan dipasang di tempat-tempat ramai di ruang publik. Selain itu, reklame cenderung menggunakan kalimat yang pendek dan gambar yang menarik.
Reklame juga memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan media promosi yang lain. Ciri-ciri reklame adalah.
- Menggunakan kalimat yang singkat, pada, jelas dan mudah dimengerti orang yang melihatnya.
- Menggunakan gambar yang mencolok dan menarik dengan perpaduan gambar dan warna yang proporsional
- Pesan yang disampaikan harus jujur dan sesuai apa yang ada pada reklame tersebut
- Ditempatkan di tempat yang ramai orang
Reklame adalah satu bentuk media dalam promosi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reklame adalah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan atau informasi lainnya. Pemberitahuan pada reklame biasanya dkemas menggunakan kata-kata yang menarik, persuasif dan disertai gambar maupun bentuk visual lainnya untuk menarik perhatian.
Reklame tidak haya berbentuk papan promosi atau billboard melainkan ketika kita mendengar radio, menonton televisi, maupun berselancar di internet, kita dapat dengan mudah menemukan reklame. Contohnya billboard, spanduk, brosur, baliho, poster, audio, dan visual.
Reklame dibagi menjadi dua yaitu :
- Reklame komersial. Reklame komersial bertujuan untuk memberi pengaruh kepada publik agar menggunakan, mengonsumsi, atau mengikuti ajakan reklame yang mereka lihat.
- Reklame nonkomersil. Reklame nonkomersil berfungsi sebagai informasi atau pemberitahuan.
Di Indonesia, pemasangan reklame diatur sesuai dengan peraturan daerah (perda), karena pemasangan reklame ini berkaitan dengan ruang publik. Perda mengaturnya supaya pihak terkait, misalnya penyelenggara reklame dan biro reklame (perusahaan jasa periklanan), dapat memasang reklame dengan tertib dan tanpa mengganggu kepentingan publik.
Perbedaan iklan dan reklame adalah pada isi konten yang ada di dalamnya. Iklan biasanya memiliki bentuk teks penyampaian yang lebih panjang dan sangat detail mengenai produk, barang atau jasa yang dipromosikannya, namun reklame menggunakan teks yang cenderung lebih singkat, namun persuasif. Kalimat reklame yang persuasif bertujuan untuk menarik perhatian orang agar tertarik dengan apa yang ada pada reklame tersebut.
Kesimpulan
Kalimat ajakan (persuasif) pada reklame bertujuan untuk menarik perhatian orang agar tertarik dengan apa yang ada pada reklame tersebut.
Rekomendasi Lainnya:
- Sebutkan Ciri Ciri Reklame Beserta Penjelasannya Reklame memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan media promosi lainnya. Berikut Ini ciri ciri reklame beserta penjelasannya Jawaban atas pertanyaan Sebutkan Ciri Ciri Reklame adalah sebagai berikut: 1. Slogan jelas dan mudah dimengerti 2. Bahasa…
- Jenis Reklame Yang Ditempatkan Langsung Pada Kemasan Produk Disebut? Pertanyaan seputar reklame yang sering ditanyakan adalah Jenis Reklame Yang Ditempatkan Langsung Pada Kemasan Produk Disebut? Pilihan Jawaban: iklan baliho embalase poster Semua jawaban benar Jawaban yang benar atas pertanyaan diatas adalah C yaitu Embalase…
- Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif jelaskan Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif?Jelaskan Jawaban Cuplikan teks termasuk persuasif karena isi dari teks tersebut adalah ajakan untuk para pembaca mengikuti opini dari penulis. Pembahasan Teks persuasif berfungsi untuk menyampaikan pendapat, ajakan, himbauan, saran dan pertimbangan…
- Pokok pikiran dalam sebuah paragraf dapat dipahami dengan mudah melalui Pokok pikiran dalam sebuah paragraf dapat dipahami dengan mudah melalui... Jawaban Pokok pikiran atau gagasan utama dari sebuah paragraf akan dapat dengan lebih mudah untuk dipahami melalui kalimat utama. Pembahasan Kalimat utama yaitu ialah sebuah kalimat yang telah berisi dengan…
- Sebutkan Ciri Ciri Iklan Media Elektronik Berikut akan dijelaskan pertanyaan tentang media elektorik yang sering di tanyakan. pertanyaan tentang media elektroni tersebut adalah Sebutkan Ciri Ciri Iklan Media Elektronik 5 macam ciri iklan media elektronik yaitu : Singkat (Simpleks) Padat Berdasarkan…
- Brosur dibuat dengan harapan agar masyarakat dapat Brosur dibuat dengan harapan agar masyarakat dapat Jawaban Brosur merupakan salah satu media yang banyak digunakan untuk mengenalkan atau mempromosikan suatu produk, baik berupa barang, jasa, maupun peraturan atau imbauan. Brosur dibuat dengan desain dan kalimat yang…
- Jelaskan Perbedaan Antara Billboard Dan Baliho Jelaskan Perbedaan Antara Billboard Dan Baliho - Dewasa ini media iklan mengalami perkembangan yang sangat pesat mulai dari visual, audio, dan video. Semuanya digunakan untuk menarik minat pasar terhadap produk yang kita tawarkan. Salah satu…
- Apa yang perlu diperhatikan saat menentukan ide pokok berdasarkan gambar Apa yang perlu diperhatikan saat menentukan ide pokok berdasarkan gambar Jawaban Yang perlu diperhatikan saat menentukan ide pokok berdasarkan gambar yaitu mengamati gambar dengan saksama dan membuat pertanyaan berdasarkan kata tanya "apa", "siapa", "kapan", "di…
- Cara Membuat Iklan Media Cetak Anda Lebih Efektif Dengan munculnya pemasaran digital, mudah untuk melupakan kekuatan iklan cetak. Namun, jika dilakukan dengan benar, iklan cetak bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menjangkau audiens target Anda. Dalam posting blog ini, kita akan mengeksplorasi…
- Gambar Karikatur Biasanya Mengandung Gambar karikatur adalah jenis gambar atau ilustrasi yang ditampilkan dengan cara yang sederhana, lucu, dan cenderung mengandung humor. Gambar karikatur biasanya menggambarkan tokoh atau situasi tertentu dengan menggunakan eksagerasi atau perbesaran untuk menyoroti ciri khas…
- Berikut yang tidak termasuk kaidah kebahasaan teks prosedur adalah Berikut yang tidak termasuk kaidah kebahasaan teks prosedur adalah ... A. Kalimat imperatif, deklaratif, dan interogatif B. Menggunakan urutan / langkah C. Menggunakan nomina atau partisipan D. Menggunakan kata kerja dan konjungsi E. Menggunakan kata…
- Urutan yang benar struktur penulisan laporan hasil percobaan adalah Cermati urutan model penulisan laporan hasil percobaan berikut ini! (1) Simpulan (2) Pembahasan (3) Cara kerja (4) Tujuan (5) Kajian Teori (6) Alat dan bahan (7) Hasil pengamatan. Urutan struktur penulisan laporan hasil percobaan yang…
- Penulisan struktur proposal yang efektif haruslah Penulisan struktur proposal yang efektif haruslah Jawaban Penulisan struktur proposal yang efektif haruslah LENGKAP SEBAB DIPERGUNAKAN SEBAGAI ACUAN KEGIATAN. Pembahasan Soal mengenai proposal di atas seharusnya dilengkapi dengan beberapa pilihan jawaban, yakni: A. Sederhana…
- Informasi mengenai komodo ditetapkan menjadi hewan langka terdapat pada paragraf? 2.Informasi mengenai komodo ditetapkan menjadi hewan langka terdapat pada paragraf? Informasi mengenai komodo ditetapkan menjadi hewan langka terdapat pada paragraf ke - 3. Penjelasan: Pada paragraf ke-3 kalimat terakhir, dikatakan bahwa Komodo juga telah ditetapkan sebagai…
- Cara Mempromosikan Produk Anda di Situs Web Jika Anda menjual produk secara online, penting untuk mempromosikannya di situs web Anda. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan lalu lintas ke situs Anda dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Ada beberapa cara untuk mempromosikan produk Anda…