Kalimat ajakan persuasif pada reklame bertujuan untuk

Kalimat ajakan persuasif pada reklame bertujuan untuk

Kalimat ajakan persuasif pada reklame bertujuan untuk

 

Jawaban

Salah satu ciri dari reklame adalah memiliki kalimat yang bersifat ajakan. Kalimat ajakan ini digunakan untuk menarik perhatian orang agar tertarik dengan apa yang ada pada reklame tersebut.

 

Pembahasan

Reklame adalah sebuah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan berbagai hal, seperti informasi, penawaran, promoso sebuah produk, dan layanan publik. Reklame dibuat dengan memadukan gambar dan kalimat yang menarih. Meski terliha seperti iklan, reklame dan iklan memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan reklame dan iklan adalah reklame berukuran besar dan dipasang di tempat-tempat ramai di ruang publik. Selain itu, reklame cenderung menggunakan kalimat yang pendek dan gambar yang menarik.

Reklame juga memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan media promosi yang lain. Ciri-ciri reklame adalah.

  1. Menggunakan kalimat yang singkat, pada, jelas dan mudah dimengerti orang yang melihatnya.
  2. Menggunakan gambar yang mencolok dan menarik dengan perpaduan gambar dan warna yang proporsional
  3. Pesan yang disampaikan harus jujur dan sesuai apa yang ada pada reklame tersebut
  4. Ditempatkan di tempat yang ramai orang

Reklame adalah satu bentuk media dalam promosi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reklame adalah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan atau informasi lainnya. Pemberitahuan pada reklame biasanya dkemas menggunakan kata-kata yang menarik, persuasif dan disertai gambar maupun bentuk visual lainnya untuk menarik perhatian.

Reklame tidak haya berbentuk papan promosi atau billboard melainkan ketika kita mendengar radio, menonton televisi, maupun berselancar di internet, kita dapat dengan mudah menemukan reklame. Contohnya billboard, spanduk, brosur, baliho, poster, audio, dan visual.

Reklame dibagi menjadi dua yaitu :

  • Reklame komersial. Reklame komersial bertujuan untuk memberi pengaruh kepada publik agar menggunakan, mengonsumsi, atau mengikuti ajakan reklame yang mereka lihat.
  • Reklame nonkomersil. Reklame nonkomersil berfungsi sebagai informasi atau pemberitahuan.

Di Indonesia, pemasangan reklame diatur sesuai dengan peraturan daerah (perda), karena pemasangan reklame ini berkaitan dengan ruang publik. Perda mengaturnya supaya pihak terkait, misalnya penyelenggara reklame dan biro reklame (perusahaan jasa periklanan), dapat memasang reklame dengan tertib dan tanpa mengganggu kepentingan publik.

Perbedaan iklan dan reklame adalah pada isi konten yang ada di dalamnya. Iklan biasanya memiliki bentuk teks penyampaian yang lebih panjang dan sangat detail mengenai produk, barang atau jasa yang dipromosikannya, namun reklame menggunakan teks yang cenderung lebih singkat, namun persuasif. Kalimat reklame yang persuasif bertujuan untuk​ menarik perhatian orang agar tertarik dengan apa yang ada pada reklame tersebut.

BACA JUGA  Lima Puisi Pohon

Kesimpulan

Kalimat ajakan (persuasif) pada reklame bertujuan untuk menarik perhatian orang agar tertarik dengan apa yang ada pada reklame tersebut.

error: Content is protected !!