jelaskan latar belakang terjadinya perang tabuk

Jelaskan latar belakang terjadinya perang tabuk

Jelaskan latar belakang terjadinya perang tabuk

 

Jawaban

Perang Tabuk termasuk salah satu peperangan yang masyhur,karena perang Tabuk adalah peperangan yang terakhir yang di ikuti oleh nabi Muhammad Saw, adapun latar belakang terjadinya perang Tabuk adalah para pedagang dari negeri Syam mengabarkan kepada nabi Muhammad SAW di kota Madinah bahwa Raja Romawi akan datang untuk memerangi kota Madinah dari arah Syam. Maka mendengar berita ini Rasulullah Saw mempersiapkan tentaranya dari berbagai wilayah yang ada di Madinah bertepatan ketika itu sedang musim panen besar,maka dalam hal ini keimanan para sahabat di uji sehingga nampak siapa yang betul-betul taqwa kepada Allah SWT karena sebagian dari para sahabat ada yang rela meninggalkan kebunnya dan ikut berperang tetapi sebagian yang lain malah tidak rela, mereka menolak ajakan rasullulah Saw untuk berperang dengan berbagai macam alasan.

Kemudian setelah diajak oleh nabi Muhammad Saw terkumpullah sekitar 30.000 tentara, seterusnya dalam perang ini kaum muslimin benar-benar diuji setelah meninggalkan kebunnya yang sedang panen ditambah lagi dengan keadaan cuaca ketika itu sangat panas, tetapi dengan izin dan bantuan dari Allah SWT akhirnya mereka bisa sampai ditempat peperangan. Setibanya di sana mereka malah tidak menemukan tentara Romawi sehingga Rasulullah Saw dan para sahabat menetap di tempat itu selama beberapa hari. Setelah diketahui rupanya raja Romawi beserta tentaranya telah melarikan diri karena takut dengan kegigihan Rasulullah Saw dan tentaranya yang melewati cuaca yang sangat panas, Maka dalam hal ini panglima tentara Khalid bin Walid meminta izin kepada Nabi untuk mengejarnya tapi Rasulullah Saw mencegah. Kemudian setelah menetap di sana selama beberapa hari rasulullah beserta tentara kembali pulang kekota Madinah,dan sekaligus inilah perang yang terakhir yang diikuti oleh Nabi Muhammad Saw.

Pembahasan

Latar belakang terjadinya Perang Tabuk adalah para pedagang yang kembali dari Negeri Syam memberi kabar kepada Rasulullah saw bahwa Raja Romawi  ingin menyerang wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Rasulullah saw dan mempersiapkan penyerangan di perbatasan wilayah arab sebelah utara. Mendengar kabar ini dan karena dampak dari Perang Mut’ah di mana Rasulullah berhasil memperluas pengaruhnya hingga ke Semenanjung Arab, Rasulullah saw mengadakan persiapan-persiapan untuk menyerang Romawi dan meminta seluruh umat Islam di Madinah untuk turut dalam perang. Tetapi sekelompok kaum munafik mengundurkan diri dari peperangan. Akhirnya pasukan Rasulullah saw yang berjumlah 30 ribu pada bulan Rajab Tahun ke-9 Hijriah (Oktober 631 M) tiba di medan perang, tapi mereka tidak menemukan tanda-tanda keberadaan pasukan Romawi.

BACA JUGA  Koperasi yang anggotanya adalah pengusaha tahu tempe termasuk koperasi

 

Kesimpulan

Dari uraian penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa latar belakang terjadinya perang Tabuk yaitu para pedang dari Syam mengabarkan kepada nabi bahwa Raja Romawi ingin menyerang kota Madinah Al-Munawwarah.

error: Content is protected !!