nama tarian asal daerah properti tari

Nama tarian asal daerah properti tari

Sebutkan 10 nama tarian,asal daerah, properti utama yang digunakan

 

Jawaban

Berikut ini adalah 10 nama tarian dari berbagai daerah beserta property utama yang digunakan, antara lain:

1.      Tari kecak yang berasal dari daerah Bali. Properti utama yang digunakan dalam tari kecak adalah kostum sesi dengan lakon yang diperankan, celana hitam dan kain berwarna kotak – kotak berwarna hitam putih dan bunga.

2.      Tari tortor yang berasal dari daerah Sumatera Utara. Properti utama yang digunakan dalam tari tortor adalah ulos, tongkat tunggal panaluan,

3.      Tari reog ponorogo yang berasal dari daerah Jawa Timur. Properti utama yang digunakan dalam tari reog ponorogo adalah celana kombor hitam, keris, jarit latar ireng, stagen, boro boro Samir, cinde merah, celana dingkikkkan, dadak merak.

4.      Tari seudati yang berasal dari daerah Aceh. Properti utama yang digunakan dalam tari seudati adalah penutup kepala, rencong, dan sapu tangan berwara merah.

5.      Tari legong yang berasal dari daerah Bali. Properti utama yang digunakan dalam tari legong adalah gelungan, kain kancan, gelang tangan,

6.      Tari andun yang berasal dari daerah Bengkulu. Properti utama yang digunakan dalam andun kecak adalah jas, sarung, celana panjang, tutup kepala, keris.

7.      Tari zapin tembung yang berasal dari daerah Kalimantan Barat. Properti utama yang digunakan dalam tari zapin tembung adalah kipas dan tembung.

8.      Tari balean dadas yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah. Properti utama yang digunakan dalam tari balean dadas adalah kostum berbalut lima warna yakni hitam, putih, merah, kuning, hijau.

9.      Tari perang yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur. Properti utama yang digunakan dalam tari perang adalah cambuk dan perisai.

10.  Tari perang yang berasal dari daerah Papua. Properti utama yang digunakan dalam tari perang adalah manik – manik penghias dada, rok yang terbuat dari akar, dan daun – daun yang disisipkan pada sekujur tubuh.

 

Pembahasan

Tari adalah suatu gerakan tubuh yang dilakukan secara berirama di suatu tempat dan waktu tertentu yang berguna untuk sarana pergaulan, dan sebagai cara mengekspresikan maksud, perasaan, dan pikiran manusia. Gerakan gerakan yang terdapat pada tari biasanya mempunyai maksud tertentu dan berbeda dari gerakan yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari kreasi, tari rakyat serta tari klasik. Dalam melakukan gerak tari, suatu tarian bisanya diiringi oleh sekelompok pengiring music yang mendendangkan bunyi -bunyian yang berguna untuk mengatu gerakan tari seorang penari.

BACA JUGA  Prinsip taktik penyerangan pada permainan bola voli yaitu

 

Berdasarkan koreografinya, jenis tari terbagi atas 3 bagian, antara lain:

1.      Tari berpasangan, yang merupakan jenis tari yang diperagakan oleh penari yang terdiri dari laki – laki dan perempuan yang berpasangan. Contoh dari jenis tari berpasangan dapat dilihat pada tari topeng yang berasal dari Jawa Barat.

2.      Tari tunggal, yang merupakan jenis tari yang diperagakan oleh penari tunggal, baik tari yang dilakukan oleh penari laki -laki maupun penari perempuan. Conton dari tari tunggal dapat dilihat pada tari golek yang berasal dari Jawa Tengah.

3.      Tari kolosal, merupakan jenis tari yang dilakukan secara massal atau dengan jumlah penari yang banyak baik oleh penari laki -laki maupun oleh penari perempuan yang biasa ditemui di berbagai daerah di Indonesia

error: Content is protected !!