Mengapa menghargai keberagaman dapat mencegah terjadi perselisihan

Mengapa menghargai Keberagaman dapat mencegah terjadinya perselisihan?

 

Jawaban

Menghargai keberagaman dapat mencegah terjadinya perselisihan antar sesama masyarakat/warga bangsa karena dengan cara menghormati keberagaman tersebut, kita dapat hidup berdampingan, dan menjadi satu kesatuan yang erat sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Hal itulah yang dapat membuat bangsa kita kuat dan dapat terjauhkan dari konfik yang dapat memecah belah bangsa dan negara kita.

 

Pembahasan

Indonesia terkenal dengan bentang wilayah negaranya yang luas juga dikelilingi perairan, serta letak geografis negaranya yang memiliki dataran tinggi, hingga dataran rendah. Hal ini membuat Indonesia memiliki kebudayaan, ras, suku, dan agama yang sangat amat beragam tergantung dengan letak geografis wilayahnya.

Keberagaman sudah pasti berkaitan dengan perbedaan antara satu daerah, dengan daerah lainnya mulai dari suku, ras, agama, dan budayanya. Untuk menyatukan keberagaman ini, sikap-sikap yang harus kita tunjukkan sebagai warga negara yang baik sekaligus saudara sebangsa adalah menghormati, menghargai, serta menunjukkan sikap toleran yang dapat mencegah adanya perlakuan tidak baik yang dapat memicu perselisihan dan konflik antar sesama warga bangsa.

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa kita simpulkan bahwa Menghargai keberagaman dapat mencegah terjadinya perselisihan antar sesama masyarakat/warga bangsa karena dengan cara menghormati keberagaman tersebut, kita dapat hidup berdampingan, dan menjadi satu kesatuan yang erat sebagai saudara sebangsa dan setanah air.

BACA JUGA  Kuasai Serba-Serbi Public Speaking Agar Sosialmu Lebih Lancar
error: Content is protected !!