Tanaman mangga dikembangbiakan secara vegetatif buatan dengan cara

Tanaman mangga dikembangbiakan secara vegetatif buatan dengan cara =

a) Mencangkok.
b) Merunduk.
c) Tunas.
d) Penyerbuka biji.​

 

Jawaban

Cara perkembangbiakan secara vegetatif buatan untuk tanaman mangga adalah dengan cara mencangkokMencangkok dilakukan dengan memberikan media tanam pada kambium ranting pohon agar tumbuh akar baru. Dengan metode mencangkok akan diperoleh sifat tanaman sama dengan induknya dan menghasilkan bibit yang lebih baik.

 

Pembahasan

Mencangkok merupakan cara perkembangbiakan vegetatif buatan untuk tanaman. Mencangkok dilakukan dengan cara mengupas bagian ranting pohon hingga bagian kambium terlihat. Kemudian, bagian kambium akan ditutupi dengan tanah, humus, dan dilapisi plastik. Cara mencangkok ini akan memberikan rangsangan untuk membentuk akar baru. Keberhasilan teknik mencangkok ini ditentukan oleh ukuran batang dan sifat media tanam yang digunakan. Berikut kelebihan dan kekurangan mencangkok:

Keuntungan perkembangbiakan tanaman dengan mencangkok

  • Tanaman baru yang diperoleh memiliki sifat sama seperti induknya.
  • Tanaman akan lebih cepat berbuah.
  • Tanaman akan tumbuh tidak terlalu tinggi dan besar.

Kekurangan perkembangbiakan tanaman dengan mencangkok

  • Tanaman biasanya mudah roboh atau tumbang.
  • Tanaman memiliki umur yang lebih pendek.

 

Selain mencangkok, perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan juga dapat dilakukan dengan cara merundukMerunduk merupakan cara perkembangbiakan tumbuhan dengan membenamkan batang tumbuhan di tanah. Sedangkan perkembangbiakan dengan tunas dan penyerbukan biji termasuk dalam perkembangbiakan vegetatif alami.

BACA JUGA  Jelaskan perbedaan ketentuan pembagian daging akikah dan daging kurban

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa disimpulkan bahwa, Cara perkembangbiakan secara vegetatif buatan untuk tanaman mangga adalah dengan cara mencangkok.