Makanan dari kedelai yang diberi ragi

Makanan dari kedelai yang diberi ragi

Makanan dari kedelai yang diberi ragi adalah…

 

Jawaban

Makanan dari kedelai yang diberi ragi adalah… tempe dan oncom

 

Pembahasan

Kedelai (Glycine max) adalah tanaman dari jenis kacang-kacangan (Fabaceae) yang bijinya banyak digunakan untuk bahan produk makanan.

Biji kedelai dapat diolah dengan fermentasi menggunakan ragi. Ragi adalah pemula (starter culture) dalam pembuatan makanan yang menggunakan terjadinya fermentasi, seperti pembuatan oncom dan tempe dengan fermentasi kedelai.

1. Tempe

Tempe adalah hasil fermentasi jamur tempe (Rhizopus oligosporus) pada kedelai. Jamur Rhyzopus oligosporus ini tumbuh dalam medium kedelai, dan berkembang dengan melakukan perombakan protein pada kacang kedelai.

Hifa dari Rhyzopus oligosporus ini terlihat dari benang-benang putih yang menyusun tempe dan mengikat kacang kedelai sehingga menjadi padatan tempe.

2. Oncom

Oncom dibuat dengan fermentasi kedelai menggunakan jamur Neurospora sitophila.

Oncom dibuat mirip dengan tempe, sama-sama menggunakan bahan fermentasi berupa kedelain, namun jamur  yang digunakan berbeda. Akibatnya warna oncom juga berbeda yaitu merah, sementara tempe berwarna putih.

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa disimpulkan bahwa, makanan yang diberi ragi ialah tempe dan oncom. Tempe adalah hasil fermentasi jamur tempe (Rhizopus oligosporus) pada kedelai. Jamur Rhyzopus oligosporus ini tumbuh dalam medium kedelai, dan berkembang dengan melakukan perombakan protein pada kacang kedelai.  Dan Oncom dibuat dengan fermentasi kedelai menggunakan jamur Neurospora sitophila. Oncom dibuat mirip dengan tempe, sama-sama menggunakan bahan fermentasi berupa kedelain, namun jamur  yang digunakan berbeda.

 

BACA JUGA  Cara Yang Efektif Dan Mudah Untuk Mengajarkan Anak Matematika
error: Content is protected !!