Sikap tawakal paling tepat dilakukan setelah seseorang

Sikap tawakal paling tepat dilakukan setelah seseorang

 

Jawaban

Pertanyaan mengenai sikap TAWAKAL ini seharusnya dilengkapi dengan sejumlah pilihan jawaban antara lain sebagai berikut:

  • A. Puas atas hasil pekerjaannya
  • B. Berusaha dan berdoa
  • C. Berniat melakukan usaha
  • D. Merencanakan sebuah hasil pekerjaannya

Adapun jawaban yang benar adalah setelah BERUSAHA DAN BERDOA (B).

 

Pembahasan

Yang dimaksud dengan sikap Tawakal adalah sikap seorang hamba yang memasrahkan diri atas segala kehendak Allah SWT disertai keyakinan sepenuh hati bahwa hal tersebut adalah yang terbaik bagi dirinya. Tawakal yang baik adalah yang dibarengi dengan IKHTIAR. Ikhtiar ini sendiri adalah usaha-usaha yang kita lakukan termasuk usaha batin berupa doa.

 

Seseorang tidak bisa tawakal kepada Allah SWT saat ia belum berusaha dan berdoa sebab Allah SWT menginginkan hamba-Nya mengusahakan apa-apa yang diinginkannya. Adapun wilayah Allah SWT yang tak bisa dicampuri manusia adalah keputusan atas usaha dan doa yang sudah dilakukan manusia. Pada titik inilah manusia wajib untuk tawakal, menyerahkan segala hasil usaha dan doanya hanya pada Dzat Yang Maha Mengetahui.

 

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa Yang dimaksud dengan sikap Tawakal adalah sikap seorang hamba yang memasrahkan diri atas segala kehendak Allah SWT disertai keyakinan sepenuh hati bahwa hal tersebut adalah yang terbaik bagi dirinya. Sikap tawakal paling tepat dilakukan setelah seseorang yang berusaha dan berdoa.

BACA JUGA  Mulai aktifnya organ reproduksi wanita ditandai dengan peristiwa