makna kebhinekaan dalam pergaulan sehari-hari

Makna kebhinekaan dalam pergaulan sehari-hari

MAKNA KEBHINNEKAAN DALAM PERGAULAN SEHARI – HARI

 

Jawaban

Makna kebhinekaan dalam pergaulan sehari-hari adalah bahwa meski kita memiliki latar belakang berbeda-beda atau beragam namun kita tetap memiliki identitas yang sama yakni sebagai bangsa Indonesia dengan tujuan yang juga satu yakni hidup sejahtera bersama-sama. Adapun wujud nyata dari Bhinneka Tunggal Ika ini dalam pergaulan sehari-hari antara lain:

  1. Saling menghormati satu sama lain, bertoleransi, bertenggang rasa, saling tolong menolong, saling mengasihi dan lain-lain.
  2. Memandang segala keberagaman yang ada sebagai karunia dari Tuhan dan menjaganya sebaik mungkin.
  3. Bekerja bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita bersama.

 

Pembahasan

Arti dari Bhinneka Tunggal Ika kurang lebih adalah berbeda-beda namun tetap satu jua. Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan resmi bangsa Indonesia. Kalimat ini bahkan dituliskan pada kain yang digenggam oleh burung garuda sebagai simbol Pancasila. Bhinneka Tunggal Ika ini adalah kearifan di masa silam yang diabadikan oleh bapak pendiri bangsa sebagai pemersatu keberagaman di Indonesia yang sudah ada sejak ratusan tahun silam sampai saat ini.

 

Alasan mengapa persatuan dalam keberagaman ini penting ditekankan dalam kehidupan berbangsa Indonesia adalah karena masyarakat kita memang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Kamajemukan ini bukan hanya dari aspek agama melainkan juga etnis, suku, budaya, bahasa dan lain sebagainya. Jika tak ada persatuan maka sudah tentu sulit untuk mempertahankan Indonesia sebagai sebuah negara. Jika tak ada persatuan maka kehidupan di Indonesia hanya akan diwarnai dengan konflik dan perpecahan mengingat tingginya kemajemukan di tengah masyarakat.

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas kita bisa simpulakan bahwa Makna kebhinekaan dalam pergaulan sehari-hari adalah bahwa meski kita memiliki latar belakang berbeda-beda atau beragam namun kita tetap memiliki identitas yang sama yakni sebagai bangsa Indonesia dengan tujuan yang juga satu yakni hidup sejahtera bersama-sama.

BACA JUGA  Jelaskan sebaran penduduk asia dan faktor yang mempengaruhinya
error: Content is protected !!