bagaimana upaya bartholomeus diaz dalam menemukan wilayah indonesia

Bagaimana upaya bartholomeus diaz dalam menemukan wilayah indonesia

Bagaimana upaya Bartholomeus Diaz dalam menemukan wilayah Indonesia​?

Jawaban

Upaya Bartholomeus Diaz dalam menemukan wilayah Indonesia ialah :

 

Bartholomeus Diaz melakukan pelayaran bertujuan untuk menemukan rute perdagangan baru dari wilayah Afrika menuju Asia. Namun pada saat perjalanan untuk menemukan wilayah Indonesia Bartholomeus Diaz beserta rombongannya mengalami kegagalan. Dimana hal ini disebabkan karena kapal yang ia tumpangi dilanda angin topan dan pada akhirnya terdampar di Tanjung Harapan benua Afrika. Setelah akibat hal tersebut membuat ia memutuskan untuk kembali ke Portugis dan tidak melanjutkan perjalanannya.

 

Pembahasan

Bartholomeus Diaz merupakan seorang penjelajah yang melakukan pelayaran di sekitar ujung selatan Afrika. Beliau adalah seorang ksatria istana kerajaan, sebagai kepala gudang dan ahli berlayar. Pada tanggal 10 Oktober 1486 Raja John II dari Portugis menunjuk beliau sebagai kepala ekspedisi untuk berlayar mengelilingi ujung selatan Afrika dengan tujuan agar menemukan rute perdagangan baru menuju Asia.

 

Kemudian pada Agustus 1487 Ia bersama rombongan berangkat dari Lisbon menuju koloni portugis di Ghana untuk mensuplai kapalnya dengan perbekalan terlebih dahulu. Selama perjalanan tidak terjadi kendala. Namun pada tahun 1488 rombongan Dias mengalami masalah dengan terjadi angin topan dan membuat kapal yang digunakan terdampar di daerah Tanjung Harapan.

 

Tanjung Harapan sendiri merupakan sebuah tanjung bebatuan yang terletak di daerah pantai menghadap ke samudera atlantik tepatnya di Afrika Selatan. Pada awalnya Ia ingin melanjutkan perjalanannya untuk ke India namun rombongannya menolak untuk melanjutkan. Dan pada akhirnya Bartholomeus Diaz memutuskan untuk kembali pulang dan tidak melanjutkan perjalanannya.

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal yang ada, Bartholomeus Diaz melakukan pelayaran bertujuan untuk menemukan rute perdagangan baru dari wilayah Afrika menuju Asia. Namun pada saat perjalanan untuk menemukan wilayah Indonesia Bartholomeus Diaz beserta rombongannya mengalami kegagalan. Dimana hal ini disebabkan karena kapal yang ia tumpangi dilanda angin topan dan pada akhirnya terdampar di Tanjung Harapan benua Afrika.

BACA JUGA  Aldehid dan keton memiliki gugus fungsi yang sama yaitu
error: Content is protected !!