Bagian apa saja pada sebuah lagu yang dapat di improvisasi?

Bagian apa saja pada sebuah lagu yang dapat diimprovisasi

Bagian apa saja pada sebuah lagu yang dapat di improvisasi?

 

Jawaban

Pada umumnya, hampir setiap bagian dalam sebuah lagu dapat diimprovisasi oleh pemainnya. Meskipun begitu, ada tiga bagian utama lagu yang dianggap dapat diimprovisasi. Tiga bagian lagu tersebut adalah intro lagu, chorus atau refrein lagu, dan outro lagu.

 

Pembahasan

Improvisasi merupakan sebutan bagi pelaksanaan melakukan sesuatu hal tanpa persiapan apa pun (bersifat spontan). Dalam musik, improvisasi sering kali ditemukan dalam musik zaman modern. Tujuan dari penerapan improvisasi tersebut adalah untuk memberikan variasi lagu yang menarik dalam permainan lagu tersebut, sehingga makna dari lagu tersebut menjadi lebih menarik bagi pendengar atau penikmatnya.

Improvisasi dapat ditemukan pada hampir seluruh genre musik modern. Bahkan, improvisasi merupakan ciri khas dari genre musik jazz. Penerapan improvisasi dalam musik jazz tersebut sangat dalam dan menonjol, sehingga setiap penampilan permainan lagu yang sama hampir selalu berbeda karena pemainnya melakukan improvisasi sesuai dengan kehendaknya masing-masing.

Pada umumnya, improvisasi dapat diterapkan pada tiga bagian lagu, yaitu intro, chorus atau refrein, dan outro. Berikut adalah penjelasan singkat dari ketiga bagian lagu tersebut:

  • Intro adalah awalan dari sebuah lagu yang berperan sebagai pengantar masuk lagu tersebut. Tidak semua lagu memiliki intro.
  • Chorus adalah bagian yang mengandung inti pesan atau cerita dari lagu. Biasanya, chorus memiliki pola nada dan gerak akor yang berbeda dengan bait.
  • Outro adalah bagian akhir dari lagu. Biasanya, bagian ini hanya dimainkan oleh instrumen-instrumen musik saja (tanpa vokal apabila lagu terkait memiliki vokal).
BACA JUGA  Pemain yang mendapatkan hukuman dari wasit disebut
error: Content is protected !!