Mewarnai patung menggunakan cat akrilik membutuhkan alat bantu berupa

Mewarnai patung menggunakan cat akrilik membutuhkan alat bantu berupa

Mewarnai patung menggunakan cat akrilik membutuhkan alat bantu berupa ?

Jawaban

Mewarnai patung menggunakan cat akrilik membutuhkan alat bantu berupa cat, palet, kuas, dan gelas yang berisi air.

 

Pembahasan

Pengertian Seni Patung

Seni patung adalah salah satu cabang dalam seni rupa yang berbentuk tiga dimensi karena memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Dengan begitu, seni patung  memiliki volume atau isi dan bisa dilihat dari segala arah. Seni patung termasuk dalam karya seni rupa murni karena seni patung lebih mengutamakan fungsi keindahan atau nilai estetisnya. Seni ini juga identik dengan sebuah cipta karya manusia yang meniru bentuk realis atau pun abstrak yang memiliki keindahan atau estetika. Bahan yang dapat digunakan adalah bahan lunak seperti tanah liat, gypsum, atau lilin, atau bahan keras seperti kayu, batu, atau logam.

 

Cara Mewarnai Patung

Ada dua teknik yang dapat dilakukan dalam mewarnai patung, yaitu teknik aquarel dan teknik plakat.

Pada teknik plakat sapuan pada warna yang digunakan tebal atau menutup latar belakang objeknya. Cat yang digunakan biasanya adalah cat akrilik dengan pencampuran air yang sedikit.

Berikut adalah cara mewarnai patung menggunakan cat akrilik:

  1. Siapkan patung yang sudah jadi. Patung yang dapat diwarnai menggunakan cat akrilik biasanya terbuat dari tanah liat, clay, atau gypsum.
  2. Siapkan alat dan bahan mewarnai seperti cat, kuas, palet, dan gelas yang berisi air. Air digunakan untuk membasuh kuas ketika ingin menggunakan warna lain. Air juga bisa digunakan untuk bahan campuran, sesuai dengan teknik yang ingin digunakan.
  3. Pastikan warna yang ingin digunakan sudah ditentukan agar dalam proses pengerjaannya lebih mudah. Cat yang sudah dioleskan pada patung tidak bisa dengan mudah dihapus.
  4. Lapisi seluruh bagian cat dengan warna dasar. Warna dasar ini biasanya berupa putih. Jika patung sudah berwarna putih, langkah ini bisa dilompati. Warna dasar putih diperlukan agar warna yang hendak digunakan nanti terlihat lebih cerah dan pekat.
  5. Tunggu cat dasar kering.
  6. Setelah cat kering, bisa mulai menuangkan cat dengan warna lain pada palet dan melukis patung sesuai keinginan atau kreativitas masing-masing.
  7. Jika perlu, tambahkan detail pada patung seperti mata, hidung, atau mulut.
  8. Tunggu cat mengering.
  9. Setelah pewarnaan sudah selesai, patung dapat diberi varnish untuk melapisi cat warna agar tahan lama dan tetap indah pada cuaca apapun.
BACA JUGA  Bagaimana sikap yang kita perlukan untuk menghadapi era globalisasi
error: Content is protected !!