Jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

Jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

Jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya…..

Jawaban

Jenis komunikasi daring terbagi menjadi dua contoh yaitu sinkron synchronous communication (real time) dan asinkron atau asynchronous communication (delayed).

Jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya adalah sebagai berikut :

  • Komunikasi daring melalui pesan singkat.
  • Komunikasi daring melalui sambungan telepon.
  • Komunikasi daring melalui sambungan video.
  • Komunikasi daring dengan pesan suara.
  • Komunikasi daring melalui video conference.
  • Komunikasi daring melalui surat elektronik (email).

 

Pembahasan

Komunikasi sinkron adalah komunikasi yang dapat terjalin dan terjadi sesuai dengan waktu yang bersamaan (real time) dan dapat dilakukan langsung dengan menggunakan media seperti ponsel, komputer, pc, laptop, tab, dan lainnya tentunya dengan dukungan jaringan internet yang dapat menyambungkan komunikasi tersebut.

Adanya pandemi COVID-19 membuat segala kegiatan terbatas termasuk kegiatan belajar mengajar dan bekerja. Salah satu alternatif yang kita miliki karena pembatasan pertemuan secara langsung tersebut adalah dengan menggunakan komunikasi secara daring. Contoh dari komunikasi daring secara sinkron adalah dengan menggunakan fitur video conference dari berbagai aplikasi yang tersedia akhir-akhir ini. Selain fitur untuk video conference, pesan singkat di media sosial juga tergolong komunikasi daring sinkron.

Sedangkan komunikasi asinkron adalah komunikasi yang dilakukan tidak secara real time dan terkesan terlambat karena dilakukan secara bersamaan dan waktu yang sama pula. Komunikasi daring seperti ini biasanya terjadi dengan menggunakan surat elektronik (email) dikarenakan beberapa faktor yaitu email tersebut masuk ke kolom spam, dan kemungkinan lainnya adalah email tersebut tidak diterima si penerima pesan karena adanya kesalahan dalam alamat email nya ataupun hal lainnya.

Selain surat elektronik (email), blog juga masuk ke dalam jenis komunikasi daring asinkron karena tidak dilakukan secara real time baik bagi si pengirim dan penerima pesan (komunikator dan komunikan).

BACA JUGA  Untuk Login Ke Akun Google Caranya Dengan Memasukkan
error: Content is protected !!