Lapisan endodermis embrio akan berkembang menjadi

Lapisan endodermis embrio akan berkembang menjadi

Lapisan endodermis embrio akan berkembang menjadi . . .

a. organ pencernaan
b. sistem saraf
c. kulit
d. otot

Jawaban

a. organ pencernaan

Lapisan endodermis embrio akan berkembang menjadi organ pencernaan

 

Pembahasan

Reproduksi pada manusia dilakukan dengan reproduksi seksual (secara kawin) melalui fertilisasi, yaitu proses peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur sehingga membentuk zigot.

Lapisan endodermis atau lapisan dalam pada embrio akan terbentuk setelah hari ke-12 bersama dengan lapisan luar atau ektodermispada embrio. Kemudian, terbentuk lagi Iapisan tengah yang disebut mesodermis. Ketiga Iapisan tersebut akan membelah dan membentuk bagian-bagian tubuh manusia. Ektodermis akan membentuk kulit dan sistem saraf. Mesodermis akan membentuk rangka, otot, sistem peredaran darah, sistem ekskresi, dan sistem reproduksi. Endodermis akan membentuk sistem pernapasan dan pencernaan.

Manusia termasuk organisme triploblastik, sehingga pada saat pertumbuhan embrio akan terbentuk tiga lapisan sel, yaitu endodermis (lapisan dalam), mesodermis (lapisan tengah) dan eksodermis (lapisan luar).

  • Lapisan endodermis akan tumbuh menjadi organ dalam seperti sistem pernafasan (paru-paru), sistem ekskresi (kelenjar tiroid, sel pankreas, hati), sistem reproduksi serta sebagian besar sistem pencernaan.
  • Lapisan mesodermis akan tumbuh menjadi sistem rangka (tulang), sistem otot, dan sistem sirkulasi (peredaran darah) serta rongga tubuh.
  • Lapisan eksodermis akan tumbuh menjadi lapisan laur tubuh seperti kulit, syaraf dan indera.

 

Kesimpulan

Dari pembahasan, didapatkan bahwa lapisan endodermis embrio akan berkembang menjadi organ pencernaan. Sehingga pilihan yang tepat adalah A. organ pencernaan

BACA JUGA  Koperasi yang anggotanya adalah pengusaha tahu tempe termasuk koperasi
error: Content is protected !!