bioteknologi merupakan penerapan berbagai bidang ilmu yaitu

Bioteknologi merupakan penerapan berbagai bidang ilmu yaitu

Bioteknologi merupakan penerapan berbagai bidang ilmu yaitu…..

Jawaban

Bioteknologi merupakan penerapan berbagai bidang ilmu yaitu mikrobiologi, genetika, biologi molekuler, dan biokimia.

 

Pembahasan

Arti dari bioteknologi itu sendiri merupakan pemanfaatan atau perekayasaan proses biologi dari suatu agen biologi dalam menghasilkan produk dan jasa yang memiliki manfaat untuk manusia. Arti dari bioteknologi ini lebih dikenal sebagai bioteknologi modern, karena di dalam bioteknologi modern terjadi proses perekayaan, seperti rekayasa genetika. Sedangkan arti dari bioteknologi konvensional itu sendiri merupakan pemanfaatan suatu organisme dalam pembuatan produk atau dalam membuat produk tersebut manusia tidak melakukan perekayasaan atupun manipulasi genetik seperti pembuatan tempe, tauco, roti, tape, keju.

 

Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroba dalam menghasilkan produk yang dibutuhkan manusia melalui proses fermentasi (proses peragian). Dalam memanfaatkan mikroorganisme, manusia tidak akan melibatkan proses manipulasi ataupun proses rekayasa. Contoh rangkaian bioteknologi konvensional dapat dilihat saat menghasilkan metana (biogas).

Bioteknologi modern berbeda dengan bioteknologi konvensional. Bioteknologi modern termasuk rekayasa genetika melakukan perubahan terhadap sifat organisme sehingga organisme yang diubah tersebut memiliki siatu sifat yang diinginkan. Contohnya bisa dilihat pada bakteri. Bakteri pada masa lalu tidak memiliki kemampuan dalam menghasilkan insulin yang diperlukan oleh manusia, tapi sekarang orang sudah berhasil menambah sifat baru kepada bakteri tersebut, sehingga mampu menghasilkan insulin.

 

Kesimpulan

Bedasarkan pertanyaan diatas, bisa disumpulkan bahwa Bioteknologi merupakan penerapan berbagai bidang ilmu yaitu mikrobiologi, genetika, biologi molekuler, dan biokimia.

BACA JUGA  Seni rupa terapan yaitu karya seni yang lebih mementingkan
error: Content is protected !!