mengapa cuplikan teks tersebut persuasif jelaskan

Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif jelaskan

Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif?Jelaskan

 

Jawaban

Cuplikan teks termasuk persuasif karena isi dari teks tersebut adalah ajakan untuk para pembaca mengikuti opini dari penulis.

 

Pembahasan

Teks persuasif berfungsi untuk menyampaikan pendapat, ajakan, himbauan, saran dan pertimbangan tentang berbagai topik dan permasalahan. Teks persuasif hampir sama dengan teks argumentasi karena berisi pendapat-pendapat dari penulis. Tetapi perbedaan kedua teks tersebut terdapat pada akhir paragraf. Pada teks persuasif, akhir paragraf selalu diisi dengan ajakan ataupun himbauan untuk mengikuti pendapat penulis.

Struktur teks persuasif yaitu:

  1. Pengenalan isu (pengantar permasalahan) merupakan bagian yang berisi awalan atau pengantar tentang topik yang akan dibahas oleh penulis.
  2. Rangkaian argumen (pendapat penulis dan fakta-fakta) berisi beberapa pendapat penulis terkait topik yang sedang dibahas. Data diperlukan saat menyampaikan pendapat guna memengaruhi pembaca.
  3. Pernyataan ajakan merupakan inti penting dari sebuah teks persuasi. Bagian ini berisi berbagai ajakan dan himbauan kepada pembaca agar melakukan sesuatu dan berpendapat yang sama sesuai dengan apa yang diinginkan penulis.

Kebahasaan yang biasa digunakan dalam teks persuasif adalah:

  1. Memakai kata-kata penting seperti; haruslah, sepantasnya dan lain sebagainya.
  2. Memakai kata imperatif seperti; ayo, jadikanlah, jawablah, berilah, jagalah, jangan dan lain sebagainya.
  3. Memakai kata penghubung argumentatif, contohnya: sebab, karena, akibatnya, oleh karena itu dan lain sebagainya.
  4. Memakai kata-kata perujuk, contohnya: dilansir dari, berdasarkan data, merujuk pada pendapat dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah ciri-ciri teks persuasif:

  1. Teks persuasif berisi data dan fakta karena bertujuan utama dari teks persuasi adalah untuk memengaruhi pembaca. Jadi, data dan fakta tersebut sangat penting perannya sebagai alasan-alasan yang kuat dalam mendukung isi dari tulisan.
  2. Terdapat argumen yang kuat untuk meyakinkan pembaca.
  3. Bersifat mengajak.
  4. Menghindari konflik. Pendapat atau fakta digunakan dalam teks persuasif bertujuan untuk memengaruhi pembaca supaya mengikuti ajakan-ajakannya. Hal ini biasanya dilakukan untuk mempertahankan kepercayaan pembaca.
BACA JUGA  Public Speaking untuk Semua, Bukan Soal Bakat atau Usia
error: Content is protected !!