dibawah ini termasuk gerakan senam lantai kecuali

Dibawah ini termasuk gerakan senam lantai kecuali

1.Dibawah ini termasuk gerakan senam lantai, kecuali

A. Roll
B. Skj
C. Kayang
D. Meroda
E. Handstand

2.anggota tubuh pertama yang menyentuh matras pada gerakan berguling kedepan adalah

3.tuliskan langkah langkah pemanasan dalam senam lantai

 

Jawaban

Berikut ini jawaban dari ketiga soal di atas.

Soal 1

Gerakan yang bukan termasuk senam lantai yaitu Senam Kesehatan Jasmani (SKJ).

Soal 2

Anggota tubuh pertama yang menyentuh matras pada gerakan berguling ke depan yaitu tengkuk.

Soal 3

Berikut ini langkah-langkah pemanasan dalam senam lantai.

  1. Gerakan pertama yang dilakukan yaitu memutar kepala. Gerakan ini sangat mudah dilakukan. Cukup menggerakan bagian leher searah jarum jam untuk hitungan delapan detik. Setelah itu, lakukan ke arah sebaliknya juga dengan hitungan delapan detik.
  2. Gerakan kedua yaitu memutar pinggang. Pada gerakan ini, regangkan bagian kaki searah pundak lalu putar searah jarum jam selama hitungan delapan detik.
  3. Gerakan memutar lutut. Langkah gerakan ini yaitu rapatkan lutut lalu goyangkan seraah jarum jam dalam hitungan delapan detik.
  4. Gerakan memutar bahu.
  5. Gerakan memutar kedua lengan.
  6. Perenggangan pergelangan paha.
  7. Menekuk pergelangan kaki.
  8. Menekuk pergelangan tangan.
  9. Meluruskan kaki.
  10. Menekuk tubuh ke depan.

Pembahasan

Soal di atas berkaitan dengan senam lantai. Senam lantai merupakan salah satu cabang dari olahraga senam. Senam ini dilakukan di atas lantai dan kebanyakan gerakannya membutuhkan matras sebagai alat bantu. Pada umumnya, dalam pertandingan resmi, senam lantai dilakukan di atas lantai yang memiliki ukuran 12 x 12. Jenis-jenis gerakan senam lantai yaitu sikap kayang, sikap lilin, sikap roll depan dan belakang, sikap meroda, sikap handstand, sikap headstand. Berikut ini beberapa manfaat senam lantai.

  1. Mengurangi berat badan.
  2. Tinggi badan menjadi lebih bertambah.
  3. Tubuh akan menjadi lentur.
  4. Kesehatan tubuh lebih terjaga.
  5. Sebagai detoksifikasi.
  6. Meningkatkan kepercayaan diri.
  7. Memabntu dalam merangsang sel-sel pertumbuhan.
  8. Melatih badan untuk bergerak lebih lincah.
  9. Menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh.
  10. Membantu dalam pertumbuhan dan penguatan tulang.
BACA JUGA  Agar tangan dapat menggantung di palang tunggal memerlukan gerakan
error: Content is protected !!