saluran yang menghubungkan lambung dengan rongga mulut pada burung adalah

Saluran yang menghubungkan lambung dengan rongga mulut pada burung adalah

Jawaban

Saluran yang menghubungkan lambung dengan rongga mulut pada burung adalah tembolok (B).

 

Pembahasan

Aves merupakan kelompok makhluk hidup yang memilki ciri utama bulu sebagai penutup tubuh dan memilki sayap untuk terbang, meskipun sebagian kecil burung ada yang tidak bisa terbang. Aves juga memilki sistem pencernaan yang lengkap mirip dengan manusia. Berikut adalah susunan sistem pencernaan pada aves :

1. Mulut

  • Mulut pada aves memilki berbagai macam bentuk menyesuaikan dengan adaptasi pada habitat masing masing. Paruh pada burung tersusun atas zat tanduk sehingga memilki struktur yang kuat.

2. Esofagus (kerongkongan)

3. Tembolok (Crop)

  • Merupakan tempat penyimpanan makanan sementara sebelum masuk menuju lambung kelenjar yang merupakan pelebaran dari bagian ujung esofagus.
  • Pada bagian ini juga terjadi pelunakan zat makanan sehingga proses pemecahan akan menjadi lebih cepat pada tahapan berikutnya.

4. Lambung kelenjar (Proventiculus)

  • Pada lambung kelenjar terjadi proses pencernaan secara kimiawi dengan bantuan enzim. Sama dengan manusia, pada lambung kelenjar juga terjadi kontraksi otot yang membantu proses pencernaan.

5. Lambung otot (Empedal)

  • Bagian ini juga disebut dengan empedal atau gizzard yang merupakan bagian lambung khusus untuk menggiling makanan secara mekanis. Proses penggilingan ini dibantu dengan komponen kasar seperti bebatuan kecil.

6. Usus halus

  • Pada bagian ini terjadi penyerapan zat makanan oleh kapiler darah

7. Usus besar

  • Pada bagian ini terjadi proses penyerapan air dan pada aves terdapat 2 (Sepasang) bagian sekum atau usus buntu.

8. Kloaka

  • Mirip seperti anus yang merupakan tempat keluarnya sisa hasil pencernaan, namun karena aves tidak memilki sistem urinaria, urine juga dikeluarkan lewat kloaka.
  • Pada aves betina kloaka juga berperan sebagai alat reproduksi tempat keluarnya telur.

.

Kesimpulan :

Tembolok merupakan bagian dari sistem pencernaan pada bangsa burung (Aves) yang merupakan perpanjangan bentuk dari esofagus (Kerongkongan) yang berperan dalam menyimpan makanan sementara dan membantu melunakkan sebelum masuk ke lambung kelenjar.

BACA JUGA  Sebutkan dan jelaskan struktur teks pidato!
error: Content is protected !!