Di dalam ekosistem jamur dan bakteri berkedudukan sebagai

Di dalam ekosistem jamur dan bakteri berkedudukan sebagai

Di dalam ekosistem, jamur dan bakteri berkedudukan sebagai…

a. Produsen

b. Konsumen

c. Karnivora

d. Pengurai

Terdapat rumput, kelinci, rusa dalam wilayah yang sama disebut ….

a. Predasi

b. Komunitas

c. Populasi

d. Simbiosis

Hubungan antara lebah dan tanaman bunga adalah simbiosis ….

a. Mutualisme

b. Parasitisme

c. Komensalisme

d. Netralisme

Yang merupakan benda tak hidup adalah ….

a. Prokariotik

b. Abiotik

c. Eukariotik

d. Biotik

 

Jawaban

Didalam ekosistem jamur dan bakteri berkedudukan sebagai pengurai. Tumbuhan merupakan organisem yang bisa membuat makanannya sendiri disebut juga produsen. Dan konsumen merupakan organisme yang membutuhkan produsen karena tidak dapat membuat makanannya sendiri seperti hewan.

→ Jawaban dari pertanyaan ini adalah

(1) D. Pengurai

(2) B. Komunitas

(3) A. Mutualisme

(4) B. Abiotik

 

Pembahasan

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Semua makhluk hidup yang menyusun suatu ekosistem disebut komponen biotik. Sedangkan benda-benda tak hidup dalam suatu ekosistem disebut komponen abiotik.

Komponen biotik meliputi semua makhluk hidup yang terdapat dalam ekosistem. Berdasarkan fungsinya di dalam ekosistem, makhluk hidup dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu:

  1. Produsen adalah makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri, yaitu tumbuhan.
  2. Konsumen memperoleh energi dari bahan makanan yang dibuat oleh produsen. Karena tidak dapat membuat makanan sendiri dan selalu bergantung pada makhluk hidup lain.
  3. Pengurai atau dekomposer adalah organisme yang berperan sebagai pengurai zat-zat yang terdapat dalam makhluk hidup yang sudah mati. Contoh dekomposer dalam ekosistem adalah bakteri dan jamur saprofit.

Komponen abiotik yang memengaruhi komponen biotik dalam suatu ekosistem antara lain air, tanah, suhu, cahaya matahari, udara, kelembapan, dan keasaman (pH).

Makhluk hidup dalam ekosistem membentuk tatanan atau organisasi tertentu. Organisasi terkecil dalam ekosistem disebut individu. Individu-individu sejenis berkumpul dan berinteraksi membentuk organisasi yang lebih besar yang disebut populasi. Beberapa populasi makhluk hidup dalam suatu lingkungan berinteraksi membentuk komunitas. Komunitas dan ling kungannya selalu berhubungan timbal balik membentuk ekosistem. Beberapa ekosistem membentuk bioma dan keseluruhan ekosistem yang ada di bumi merupakan biosfer.

Terdapat beberapa jenis hubungan antarmakhluk hidup, yaitu sebagai berikut:

  • Hubungan netral yaitu hubungan yang tidak saling memengaruhi. Contoh hubungan netral ini adalah hubungan antara kambing dan ayam yang dipelihara manusia dalam kandang yang berdekatan.  Contoh hubungan netral ini adalah hubungan antara kambing dan ayam yang dipelihara manusia dalam kandang yang berdekatan.
  • Simbiosis mutualisme yaitu hubungan antara dua jenis organisme yang saling menguntungkan.
  • Simbiosis komensalisme yaitu hubungan antara dua jenis organisme di mana yang satu diuntungkan dan yang lain tidak dirugikan saat saling berinteraksi.
  • Simbiosis parasitisme yaitu hubungan antara dua jenis organisme yang merugikan salah satu pihak, sedangkan pihak yang lain diuntungkan saat berinteraksi.
  • Hubungan kompetisi terjadi jika dalam suatu ekosistem terdapat ketidakseimbangan, misalnya kekurangan air, makanan, pasangan kawin, dan ruang.
  • Hubungan predasi yaitu hubungan antara organisme yang memangsa dan organisme yang dimangsa. Contohnya adalah hubungan antara rusa dengan singa.
BACA JUGA  Keluwesan dalam gerakan senam irama disebut teknik
error: Content is protected !!