Bagaimana cara untuk mengembangkan potensi sumber daya perikanan laut

Bagaimana cara untuk mengembangkan potensi sumber daya perikanan laut

Bagaimana cara untuk mengembangkan potensi sumber daya perikanan laut, hutan mangrove, Padang lamun, dan rumit laut serta terumbu karang?

Jawaban

Bagaimana cara untuk mengembangkan potensi sumber daya perikanan laut, hutan mangrove, padang lamun, dan rumput laut serta terumbu karangadalah dengan:

 

1. Meningkatkan budiday ikan dan rumput laut .

2. Mengembangkanhabitat laut sebagai obyek pariwisata

3. Melarang penangkapan ikan dengan cara destruktif seperti bom ikan dan rcun ikan

4. Melindungi spesies hewan dan tanaman laut di lingkungan tersebut

 

Pembahasan

Wilayah pantai merupakan wilayah dengan keanekaragaman hayati yang tinggi. Pada wilayah ini terdapat berbagai ekosistem seperti hutan mangrove, padang lamun, dan rumput laut.

 

Hutan mangrove atau bakau adalah habitat di pantai yang didominasi oleh pohon bakau, yang memiliki ciri-ciri berupa akar tunjang yang besar dan berkayu, serta pucuk yang tertutup daun penumpu yang meruncing. Padang lamun adalah ekosistem di laut dangkal yang didominasi oleh tanaman lamun, sejenis tanaman berbiji tunggal (monokotil) yang hidup di perairan asin. Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri dari sekelompok binatang bunga karang (spons atau porifera).

 

Untuk mengembangkan potensi kelautan Indonesia, maka kita perlu meningkatkan kegiatan perekonomian dan mengatasi kerusakan ekosistem di habitat ini.

 

Dalam mengembangkan ekonomi, perlu dilakukan kegiatan kelautan yang memberi manfaat pada masyarakat sekitar. Misalnya dengan melakukan budidaya ikan menggunakan keramba, untuk meningkatkan pendapatan nelayan tanpa merusak poplasi ikan akibat penangkapan ikan berlebihan.

 

Meningkatkan kegiatan ekonomi juga dapat dilakukan dengan menjadikan habitat ini sebagai obyek wisata, agar masyarakat sekitar mendapat penghasilan dari para wisatawan. Misalnya seperti pengembangan wisata di Raja Ampat.

 

Kelestarian ekosistem di habitat ini harus tetap dijaga, agar bisa dimanfaatkan generasi berikutnya secara berkelanjutan. Untuk menjaga habitat ini, bisa dilakukan dengan melarang penangkapan ikan yang dapat merusak terumbu karang yang merupakan tempat berkembang biak ikan.

BACA JUGA  The suitable expression to complete the dialogue is
error: Content is protected !!